Facebook Pixel Code 10 Vitamin Anak untuk Otak dan Daya Ingat

10 Vitamin Anak untuk Perkembangan Otak dan Daya Ingat

10 Vitamin Anak untuk Perkembangan Otak dan Daya Ingat

 

Asupan vitamin anak untuk otak penting diberikan di 1000 hari pertama kehidupannya supaya perkembangannya optimal.

Vitamin untuk Kecerdasan Otak Anak

Selain dari omega-3 dan DHA, Bunda bisa bantu optimalkan kecerdasan otak si Kecil dengan memberikan makanan kaya vitamin esensial seperti:

1. Vitamin C

Vitamin C termasuk salah satu jenis vitamin yang penting untuk otak berkat perannya memaksimalkan penyerapan zat besi. Zat besi diperlukan untuk menyalurkan nutrisi dan oksigen ke otak.

Menurut penelitian, kekurangan asupan vitamin C dalam jangka panjang dapat menyebabkan perubahan struktur otak yang memicu terganggunya fungsi otak anak di usia dini. 

Dengan kata lain, kekurangan vitamin C mengganggu kemampuan anak belajar secara maksimal. 

Asupan vitamin C juga membuat anak tidak gampang sakit sehingga memaksimalkan kesempatan belajar dengan efektif. 

2. Vitamin D

Asupan vitamin D yang cukup ternyata juga bagus sebagai vitamin anak untuk otak agar bisa berpikir cepat dan mudah belajar hal-hal baru.

Vitamin D bantu mengoptimalkan fungsi kognitif dengan membantu proses pembentukan mielin. Mielin adalah selubung pelindung saraf-saraf otak yang bertugas mengirimkan informasi ke seluruh tubuh. 

Sumber utama vitamin D adalah sinar matahari pagi, tapi si Kecil juga bisa mendapatkannya dari makanan seperti telur dan daging serta susu pertumbuhan terfortifikasi.

3. Vitamin B1

Vitamin B1 alias thiamin perlu dipenuhi kebutuhannya karena berperan penting dalam menjaga kesehatan otak. 

Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan penurunan kecerdasan, daya ingat melemah, dan penurunan kewaspadaan (atensi).  

Untuk memenuhi asupan thiamin, Bunda dapat memberikan olahan daging merah, daging ayam, ikan, telur, yogurt, keju, dan susu pertumbuhan terfortifikasi. 

4. Vitamin B2

Vitamin B2 (riboflavin) termasuk vitamin anak untuk otak yang berfungsi melindungi sel-sel otak dari radikal bebas, membantu kinerja sistem saraf, dan meningkatkan penyerapan zat besi

Memenuhi asupan riboflavin dapat bantu anak memiliki fokus dan daya ingat yang lebih baik. 

Vitamin B2 bisa didapatkan si Kecil dari konsumsi daging, telur, hati, ikan, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan susu pertumbuhan terfortifikasi. 

Baca Juga: 8 Makanan Kaya Zat Besi untuk Dukung Kecerdasan Otak Anak

5. Vitamin B3

Selain omega-3, vitamin untuk kecerdasan otak anak yang juga penting adalah vitamin B3 (niacin).

Vitamin B3 menjaga agar otak mendapatkan energi yang cukup untuk berfungsi secara optimal. Kekurangan vitamin B3 berisiko membuat anak lambat berpikir dan sulit fokus atau berkonsentrasi.

Kebutuhan vitamin B3 anak bisa dipenuhi dari konsumsi daging merah, unggas, ikan, kacang-kacangan, dan kentang. 

6. Vitamin B5

Vitamin B5 (pantotenat) adalah bahan dasar untuk proses pembuatan molekul bernama asetil-koenzim A. Molekul ini sangat penting untuk proses pembentukan mielin di dalam otak. 

Mielin adalah selaput selubung saraf yang bertanggung jawab dalam proses menerima dan mengantarkan sinyal listrik antar sel otak. 

Saat pembentukan mielin optimal, anak akan menjadi lebih cepat memahami informasi yang ia terima. Dengan begitu, proses belajar si Kecil sehari-hari menjadi lebih mudah.

7. Vitamin B6

Vitamin anak untuk otak yang disebut juga dengan piridoksin ini berperan membentuk neurotransmitter, zat kimia penting yang bertugas sebagai pembawa pesan di dalam otak. 

Disamping itu, neurotransmitter juga berfungsi untuk mengatur penggunaan energi di dalam otak. Maka dari itu, kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan penurunan kecerdasan kognitif.  

Baca Juga: Pentingnya Nutrisi untuk Optimalkan Perkembangan Otak Anak

8. Vitamin B9

Lebih dikenal dengan nama asam folat, vitamin B9 termasuk dalam nutrisi yang berperan dalam pembentukan sel darah merah yang optimal. 

Sehingga kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan anemia megaloblastik, dimana sel darah merah bentuknya tidak sempurna dan mudah mati. 

Ketika anak terserang anemia megaloblastik, ia akan sulit berkonsentrasi, sulit mengingat, kesulitan dalam memproses informasi yang didapatkan, dan murung. 

9. Vitamin B12

Vitamin untuk kecerdasan otak anak selanjutnya adalah vitamin B12 alias cobalamin. Vitamin ini diperlukan oleh otak untuk proses pembentukan selubung saraf (mielin) dan neurotransmitter. 

Tanpa mielin dan neurotransmitter, otak si Kecil tidak akan bisa menerima dan memproses informasi yang diterima dari lingkungan dengan baik. 

Maka itu, pemenuhan vitamin B12 berkaitan erat dengan fungsi kognitif anak yang lebih tinggi untuk bisa lebih maksimal belajar, konsentrasi, mengingat, dan memecahkan masalah dengan baik. 

Baca Juga: 6 Vitamin Terbaik untuk Tumbuh Kembang Anak yang Optimal

10. Vitamin E

Bukan hanya untuk menjaga kesehatan kulit dari pengaruh radikal bebas, fungsi antioksidan yang dimiliki oleh vitamin E juga mampu menjaga kesehatan sel-sel otak. 

Sel-sel otak yang sehat berpengaruh besar terhadap tingkat kecerdasan kognitif anak dan kemampuan otaknya untuk berkembang sepanjang hidupnya. 

Selain dari makanan sehat, Bunda juga dapat bantu penuhi seluruh asupan vitamin anak untuk otak di atas melalui pemberian susu pertumbuhan yang telah difortifikasi seperti SGM Eksplor 1+

SGM Eksplor satu-satunya yang diperkaya IronC™, kombinasi unik zat besi dan vitamin C untuk maksimalkan penyerapan nutrisi penting di dalam tubuh. SGM Eksplor 1+ juga diperkaya dengan DHA, Omega 3&6, kalsium, protein, dan 12 vitamin penting, termasuk vitamin B kompleks, vitamin D, dan vitamin E.

Yuk, gabung di Klub Generasi Maju sekarang agar tidak ketinggalan promo serta penawaran menarik dari setiap pembelian produk susu SGM!

Referensi:

  1. Pediatric Vitamin B-1 Deficiency (Thiamine) - Children’s Health. (2018). Childrens.com. https://www.childrens.com/specialties-services/conditions/vitamin-b-1-deficiency

  2. Office of Dietary Supplements - Thiamin. (2020). Nih.gov. https://ods.od.nih.gov/factsheets/Thiamin-HealthProfessional/#:~:text=Food%20sources%20of%20thiamin%20include,major%20source%20of%20the%20vitamin.

  3. Medanta | Experts Believe That Vitamin B is Essential for Improved Memory and Brain Function. (2023). Medanta.org. https://www.medanta.org/patient-education-blog/experts-believe-that-vitamin-b-is-essential-for-improved-memory-and-brain-function

  4. Office of Dietary Supplements - Riboflavin. (2020). Nih.gov. https://ods.od.nih.gov/factsheets/Riboflavin-HealthProfessional/#:~:text=Sources%20of%20Riboflavin-,Food,many%20other%20countries%20%5B4%5D.

  5. Riboflavin – Vitamin B2. (2020, July 24). The Nutrition Source. https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/riboflavin-vitamin-b2/

  6. Jennings, K.-A. (2018, November 26). 5 Science-Based Benefits of Niacin (Vitamin B3). Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/niacin-benefits#TOC_TITLE_HDR_5

  7. Ismail, N., Kureishy, N., Church, S. J., Scholefield, M., Unwin, R. D., Xu, J., Stefano Patassini, & Garth J.S. Cooper. (2020). Vitamin B5 (d-pantothenic acid) localizes in myelinated structures of the rat brain: Potential role for cerebral vitamin B5 stores in local myelin homeostasis. Biochemical and Biophysical Research Communications, 522(1), 220–225. https://doi.org/10.1016/j.bbrc.2019.11.052

  8. Brazier, Y. (2017, March 27). The benefits and food sources of vitamin B6. Medicalnewstoday.com; Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/219662#health-benefits

  9. Sudha Venkatramanan, Armata, I. E., Strupp, B. J., & Finkelstein, J. L. (2016, September). Vitamin B-12 and Cognition in Children. ResearchGate; Elsevier BV. https://www.researchgate.net/publication/308186730_Vitamin_B-12_and_Cognition_in_Children

  10. Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2023). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2287/anemia-pernisiosa

  11. Pernille Tveden-Nyborg. (2021). Vitamin C Deficiency in the Young Brain—Findings from Experimental Animal Models. Nutrients, 13(5), 1685–1685. https://doi.org/10.3390/nu13051685

  12. Office of Dietary Supplements - Vitamin D. (2022). Nih.gov. https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminD-Consumer/

  13. Ulises Gomez‐Pinedo, Jesús Adriel Cuevas, María Soledad Benito‐Martín, Moreno‐Jiménez, L., Esteban‐Garcia, N., Torre‐Fuentes, L., Matías‐Guiu, J. A., Pytel, V., & Montero, P. (2019). Vitamin D increases remyelination by promoting oligodendrocyte lineage differentiation. Brain and Behavior, 10(1). https://doi.org/10.1002/brb3.1498

  14. What the Brain Craves – Omega-3s, Vitamin E and Vitamin D. (2017, August 15). @Nutri-Facts. https://www.nutri-facts.org/en_US/news/articles/what-the-brain-craves.html#:~:text=In%20particular%2C%20by%20reducing%20the,in%20older%20people%20(17).

Artikel Terpopuler