Asupan Nutrisi dari Protein Nabati yang Penting untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Asupan Nutrisi dari Protein Nabati yang Penting untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Asupan Nutrisi dari Protein Nabati yang Penting untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Seiring dengan berkembangnya pengetahuan mengenai gaya hidup sehat, banyak orang tua yang memberikan sumber protein nabati pada si Kecil untuk kebutuhan hariannya. Walaupun demikian, si Kecil tetap harus tercukupi kebutuhan zat gizi harian untuk mendukung tumbuh kembangnya. Lalu bagaimana cara memastikan pilihan makanan berbahan dasar nabati dapat mencukupi kebutuhan gizi si Kecil? Berikut penjelasannya.

Nutrisi dari Bahan Makanan Nabati untuk si Kecil

Bagi si kecil yang mengonsumsi sumber protein nabati, Bunda perlu senantiasa memastikan asupan gizi, kalori, dan protein dengan tepat, serta tidak lupa memantau pertumbuhan si Kecil. Selain asupan protein, asupan asam lemak esensial, zat besi, zinc, kalsium, dan vitamin B12, juga harus memadai. Lalu, apa saja asupan nutrisi yang penting untuk mendukung tumbuh kembangnya?

1. Protein

Si kecil tentu membutuhkan protein untuk mendukung pertumbuhannya, menjaga dan memperbaiki jaringan tubuh, dan memproduksi enzim yang mengatur fungsi tubuh. Pastikan si kecil mendapatkan asupan protein dari variasi makanan sumber protein nabati. Pola makan nabati juga memperbolehkan konsumsi telur dan produk susu untuk memenuhi nutrisi si kecil. Bunda juga bisa mendapatkan protein nabati dari makanan lain seperti kacang polong, kacang almond, biji chia, bayam, brokoli, alpukat, dan olahan kedelai (termasuk tahu, tempe, dan susu formula soya yang telah difortifikasi).

2. Zat Besi

Zat besi diperlukan dalam pembentukan sel darah merah yang kemudian akan dibawa untuk mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh si kecil. Zat besi juga dibutuhkan untuk mendukung perkembangan otak si Kecil. Untuk mencukupi kebutuhan zat besi si Kecil, Bunda dapat memberikan sumber makanan yang mengandung zat besi, seperti bayam, kacang merah, lentil, atau formula soya yang difortifikasi dengan zat besi.

3. Zinc (Seng)

Terlalu sedikit zinc dapat menghambat pertumbuhan si kecil juga dapat mengganggu sistem imun mereka. Zinc adalah salah satu nutrisi penting si kecil yang tidak boleh disepelekan. Produk beragi dapat menjadi sumber protein nabati anak yang satu ini. Contohnya seperti roti yang merupakan makanan bersahabat untuk si kecil atau masakan berbahan jamur.

4. Kalsium

Mineral ini merupakan nutrisi penting si kecil dan menjadi kunci dari kekuatan tulang dan giginya. Kebutuhan akan kalsium sangat tinggi pada anak yang berusia 1-5 tahun. Selain untuk tulang dan gigi, kalsium juga dibutuhkan untuk transmisi rangsangan saraf, pergerakan otot, dan fungsi tubuh lainnya. Pastikan memasukkan makanan yang mengandung banyak kalsium dalam menu harian si Kecil, seperti sereal yang difortifikasi kalsium, jus jeruk, dan formula soya yang telah difortifikasi.

5. Vitamin B12

Kesehatan saraf dan sel darah bergantung pada vitamin ini. Namun, vitamin B12 banyak ditemukan pada makanan berbahan hewani. Untuk itu dibutuhkan produk sebagai suplemen yang mengandung vitamin B12 atau susu formula soya fortifikasi. Si kecil juga bisa mendapatkannya dari oatmeal.

6. Omega-3

Untuk mengoptimalkan produksi DHA dan EPA (asam lemak omega-3), Bunda harus menyertakan sumber asam alfa-linolenat yang baik dalam makanan si Kecil seperti, biji dan minyak biji labu, minyak zaitun, kacang hijau, tahu, kedelai atau susu formula soya yang sudah difortifikasi dan kacang kenari.

Pola makan dengan sumber makanan nabati dapat menjadi pilihan yang sehat untuk si kecil, selama asupan gizi si kecil terpenuhi dari berbagai jenis atau variasi sumber makanan nabati, seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian dan olahan kedelai, termasuk formula soya.

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 1 - 3 tahun

Aktivitas Fisik untuk Dukung Tumbuh ...

Aktivitas Fisik untuk Dukung Tumbuh Kembang Anak Usia 1-3 Tahun

Panduan Memenuhi Kebutuhan Sayur dan ...

Panduan Memenuhi Kebutuhan Sayur dan Buah untuk Anak Usia 1-5 tahun

Membangun Kecerdasan Emosional Anak

Membangun kecerdasan emosional anak sama pentingnya dengan membangun kecerdasan intelektual.

Kembangkan Kemampuan Berbahasa Balita dengan ...

Walaupun berkembang secara alami, kemampuan berbahasa anak sesungguhnya dapat dilatih dan...

Resep: Bola Goreng Bayam

Bunda tentu sudah tidak asing lagi dengan sayuran bayam untuk menu sehari-hari. Namun, menyajikan...

Resep: Kaserol Kakap

Memasuki usia balita, Bunda pasti sudah sering berkutat dengan ide menu untuk buah hati. Menu ikan...


Artikel Terpopuler

8 Nutrisi Penting untuk Daya ...

Baca Selengkapnya >

3 Jenis Gejala Alergi pada ...

Baca Selengkapnya >

Bun, Pastikan Periode Emas ...

Baca Selengkapnya >

Kenali Sebab dan Penanganan ...

Baca Selengkapnya >

Kenali Penyebab dan Gejala ...

Baca Selengkapnya >