Facebook Pixel Code Tinggi Badan Anak 4 Tahun dan Cara agar Cepat Tinggi

Tinggi Anak 4 Tahun Menurut WHO dan Cara agar Cepat Tinggi

Tinggi Anak 4 Tahun Menurut WHO dan Cara agar Cepat Tinggi

 

Menginjak usia 4 tahun, umumnya tinggi badan anak akan bertambah pesat. Lalu, berapa tinggi badan anak 4 tahun yang ideal?

Tinggi Anak Usia 4 Tahun yang Ideal

Idealnya, tinggi badan anak 4 tahun menurut WHO dan Standar Antropometri Anak Kemenkes RI adalah:

  • Anak laki-laki: 94,9 - 115,9 cm, dengan berat badan mencapai 12,7 - 18,6 kg.
  • Anak perempuan: 94,1 - 115,7 cm, dengan berat badan mencapai 12,3 - 18,5 kg.

Jika si Kecil belum mencapai angka tersebut, Bunda tak perlu khawatir berlebihan dulu. Ini karena setiap anak bisa saja memiliki laju pertumbuhan yang berbeda-beda.

Tetap pastikan asupan nutrisi dan pemberian stimulasi yang tepat supaya si Kecil bisa terus tumbuh optimal seiring waktu.

Cara agar Anak Tumbuh Tinggi

Ada beberapa cara yang efektif untuk Bunda terapkan sehari-hari untuk mencapai tinggi badan ideal anak usia 4 tahun. Berikut penjelasannya:

1. Berikan Makanan Kaya Kalsium dan Vitamin D 

Kalsium dan vitamin D merupakan nutrisi penting agar tinggi badan anak 4 tahun mencapai ideal. Baik kalsium dan vitamin D sama-sama mampu meningkatkan pertumbuhan tulang. 

Utamanya, asupan kalsium dan vitamin D didapat dari susu pertumbuhan. Namun, Bunda bisa menambah asupannya dari makanan, seperti ikan tuna, ikan sarden, brokoli, keju, dan yogurt.

2. Lanjutkan Minum Susu Pertumbuhan

Selain dari makanan, asupan kalsium juga dapat diperoleh lewat pemberian minum susu pertumbuhan terfortifikasi seperti susu SGM Eksplor 3+.

Yuk, bantu lengkapi nutrisi si Kecil dengan susu SGM Eksplor 3+ dengan kombinasi unik berupa DHA, minyak ikan, omega 3&6, tinggi kalsium & vitamin D, serta Iron C, agar ia siap belajar!

Baca Juga: Perkembangan Anak Usia 4 Tahun dan Cara Stimulasinya

3. Penuhi Asupan Protein

Tak hanya kalsium dan vitamin D, si Kecil membutuhkan asupan nutrisi untuk membangun struktur tulang dan massa otot. Jika asupan protein ini kurang, tumbuh kembang tulangnya terganggu. 

Bunda bisa penuhi dengan memberi makanan kaya protein yang bisa didapat dari daging merah, ikan, tempe, tahu, makanan laut, telur, kacang kedelai, bayam, dan biji-bijian. 

4. Tidur Cukup

Anak yang sering kali kurang tidur setiap harinya dapat mengganggu pertumbuhan tulangnya. Jadi, jika si Kecil belum mencapai berat badan ideal, perhatikan pola tidurnya, Bun.

Ini karena hormon pertumbuhan yang memengaruhi tinggi badan akan bekerja maksimal saat ia tidur. Oleh karena itu, penting mencukupi waktu tidur anak selama masa pertumbuhannya. 

Supaya tinggi badan anak 4 tahun ideal, normalnya ia membutuhkan waktu tidur selama 10-13 jam per hari, termasuk saat tidur siang. 

5. Beraktivitas di Pagi Hari

Beraktivitas di luar rumah, terutama saat pagi hari, dapat bantu si Kecil terpapar sinar matahari. Langkah ini dapat bantu memaksimalkan asupan vitamin D. 

Vitamin D yang berasal dari paparan sinar matahari akan diubah oleh tubuh menjadi zat khusus dengan cara menyerap kalsium, sehingga memperkuat tulang.

Namun, pastikan ia menggunakan pakaian lengan panjang dan topi, demi melindungi kulit si Kecil dari paparan sinar matahari langsung.

Baca Juga: Contoh Kegiatan Motorik Kasar dan Halus untuk Anak TK (4-5 Tahun)

6. Main Lompat Tali

Cara agar tinggi badan anak 4 tahun mencapai ideal, Bunda bisa mengajak anak bermain lompat tali. 

Gerakan melompat secara berulang ini dapat menstimulasi tulang supaya tumbuh lebih panjang. Jika dilakukan secara rutin, dapat memberikan tekanan sehat pada tulang. 

Dengan demikian, dapat merangsang pertumbuhan tulangnya. 

7. Rajin Jogging

Saat beraktivitas di luar rumah tiap pagi hari, Bunda dapat mengajaknya jogging di sekitar rumah. 

Rajin jogging ternyata bermanfaat untuk meningkatkan jumlah hormon pertumbuhan sekaligus membuat tulang kaki lebih kuat, sehingga anak tumbuh lebih tinggi

Tak perlu lama-lama, Bunda dan Ayah bisa ajak si Kecil jogging selama 10-15 menit secara rutin.

Baca Juga: 9 Ide Permainan Seru untuk Anak Usia 4-5 Tahun

Melalui asupan nutrisi dan aktivitas fisik rutin yang tepat, Bunda bisa bantu anak cepat tinggi dan mencapai angka ideal. 

Pantau berapa tinggi dan berat badan anak 5 tahun secara berkala melalui Grafik Tumbuh Kembang Anak di website Generasi Maju.

Di sana, Bunda bisa menggunakan fitur dan mendapat berbagai tips mengenai tumbuh kembang anak. Daftar di sini, yuk!

 

Referensi:

  1. Nair, A. (2018, June 26). How to Increase Height in Kids? FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/top-8-ways-to-increase-height-in-children/
  2. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__2_Th_2020_ttg_Standar_Antropometri_Anak.pdf.
  3. Silver, N. (2017, April 17). How to Increase Your Height: Is There Anything I Can Do? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/how-to-increase-height#how-to-increase-height
  4. Barrell, A. (2020, January 17). What factors influence a person’s height? Medicalnewstoday.com; Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/327514#how-to-increase-height-during-development

Artikel Terpopuler