Facebook Pixel Code Susu Formula Tahan Berapa Jam di Suhu Ruang?

Susu Pertumbuhan Tahan Berapa Jam di Suhu Ruang?

Susu Pertumbuhan Tahan Berapa Jam di Suhu Ruang?

 

Susu formula tahan berapa jam setelah dibuat, ya? Durasi ketahanan susu bisa berbeda, lho, saat didiamkan di suhu ruang atau didinginkan dulu di kulkas.

Susu Formula Pertumbuhan Tahan Berapa Lama Setelah Diseduh? 

Susu formula hanya bisa bertahan 2 jam di suhu ruangan setelah dibuat. Jadi, sebaiknya racik susu dekat jadwal biasanya anak minum susu atau baru buat setelah si Kecil minta susu.

Jika sudah terlanjur dibuat tapi si Kecil belum mau minum, susu bisa disimpan di kulkas. Susu bisa tahan 24 jam dalam kulkas asalkan suhunya harus di bawah 4,4°C. Simpan di rak bagian belakang.

Buang susu yang di dalam kulkas jika sudah disimpan lebih dari 24 jam meski bau dan warnanya masih terlihat bagus. Susu formula yang sudah dibuat tidak boleh dibekukan

Buang juga apabila susu sudah sempat diminum anak tapi tidak habis. Susu tersebut tidak boleh dikonsumsi lagi setelah 1 jam karena sudah terkontaminasi bakteri dari lingkungan.

Apa yang Akan Terjadi jika Anak Minum Susu Basi?

Setelah tahu durasi susu formula tahan berapa jam setelah dibuat, penting juga mewaspadai ciri-ciri susu yang sudah basi agar tidak keliru memberikannya pada si Kecil, yaitu:

  • Warna susu biasanya jadi lebih kuning dan kusam. 

  • Tekstur lebih kental, menggumpal, dan berlendir. Kadang juga bisa terpisah antara air dan susu.

  • Baunya asam cenderung tengik. 

  • Rasanya berubah menjadi asam. 

Minum susu basi bisa membuat anak sakit perut atau mulas. Langkah tepat untuk menetralisir akibat minum susu basi adalah memberikan anak banyak minum air putih agar tidak dehidrasi.

Bawa ke dokter apabila anak sampai mengalami diare, muntah-muntah, dan demam setelah minum susu basi.

Baca Juga: Isinya Lebih Penting! Ini Alasan Pilih Susu Pertumbuhan vs Susu UHT

Cara Penyimpanan dan Penyajian Susu yang Benar

Susu pertumbuhan yang bagus terfortifikasi zat besi dan vitamin C, serta omega-3 dan DHA 100% berkualitas dari minyak ikan tuna. Semua nutrisi ini ada di SGM Eksplor 1+ untuk anak 1-3 tahun dan SGM Eksplor 3+ untuk anak usia prasekolah (3-5 tahun).

Namun jika susu basi, si Kecil tentu tidak bisa dapatkan manfaat dari minum susu. Maka, Bunda harus tahu bagaimana cara penyimpanan dan penyajian susu SGM yang benar.

  1. Simpan kemasan susu yang belum dibuka di ruangan sejuk dan kering. Hindari paparan sinar matahari langsung. 

  2. Setelah kemasan susu formula dibuka, simpan dalam toples bersih yang tertutup dan kedap udara. Jangan simpan susu formula bubuk di dalam kulkas. 

  3. Susu bubuk hanya tahan 1 bulan setelah kemasannya dibuka. Beri label tanggal Bunda membukanya supaya lebih aman.

  4. Jangan simpan botol susu di pintu kulkas karena susu akan terpapar udara ruangan setiap kali kulkas dibuka sehingga jadi lebih cepat basi. 

  5. Jangan pernah berikan susu formula yang sudah dibuka lebih dari 1 bulan walaupun masih tampak bagus. 

Baca Juga: 5 Tips Memilih Susu Formula yang Bagus untuk Anak 1 Tahun

Sekarang Bunda sudah tahu pasti susu formula tahan berapa jam setelah dibuat. Jadi, jangan sampai membiarkannya terlalu lama di suhu ruang, ya, agar tidak cepat basi.

Jangan lupa juga daftar di Klub Generasi Maju sekarang untuk dapatkan berbagai promo menarik serta keuntungan berhadiah dari pembelian produk SGM Eksplor!

Referensi:

  1. CDC. (2023, May 19). Infant Formula Preparation and Storage . Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/nutrition/infantandtoddlernutrition/formula-feeding/infant-formula-preparation-and-storage.html#:~:text=Prepared%20infant%20formula%20can%20spoil,use%20it%20within%2024%20hours.

  2. The. (2019, December 19). How Long Is Formula Good Once Mixed? And Other Questions About Formula. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/baby/how-long-is-formula-good-for#partially-used

  3. Ansley. (2023, July 5). What Is Spoiled Milk Good For, and Can You Drink It? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/spoiled-milk#what-it-is

  4. How long can baby bottles sit at room temperature? (2024). HealthyChildren.org. https://www.healthychildren.org/English/tips-tools/ask-the-pediatrician/Pages/how-long-can-baby-bottles-sit-at-room-temperature.aspx

  5. Formula Feeding FAQs: Preparation and Storage (for Parents). (2024). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/formulafeed-storing.html

Artikel Terpopuler