Facebook Pixel Code 9 Perkembangan Bayi 6 Bulan, Si Kecil Bisa Apa Saja?

Perkembangan Bayi 6 Bulan, si Kecil Sudah Bisa Apa Saja?

Perkembangan Bayi 6 Bulan, si Kecil Sudah Bisa Apa Saja?

 

Perkembangan bayi 6 bulan sudah semakin pesat. Selain mulai belajar duduk, di bulan ini si Kecil sudah bisa dikenalkan dengan makanan padat. Lalu, bayi 6 bulan sudah bisa apa lagi? 

Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan

Selain perubahan pada fisik, bayi 6 bulan normalnya memiliki berbagai kemampuan yang baru. Selengkapnya, berikut adalah capaian tumbuh kembang bayi 6 bulan:

1. Mahir Berguling

Perkembangan bayi 6 bulan yaitu sudah semakin mahir berguling. Di usia ini, bayi bisa berguling dari posisi telentang ke telungkup maupun sebaliknya dengan lebih lancar.

Jangan pernah tinggalkan si Kecil dan selalu awasi pergerakannya meski ia sudah bisa berguling sendiri. Apalagi saat si Kecil berada di tempat tinggi seperti kasur agar tidak jatuh.

2. Mengenali Wajah Orang di Sekitarnya

Di usia 6 bulan, normalnya bayi sudah bisa mengenali wajah orang-orang di sekitarnya dan mulai mengerti jika ada orang asing yang belum pernah ditemuinya. 

Bayi usia 6 bulan juga suka melihat wajah mereka sendiri di cermin. Oleh karena itu, coba Bunda ajak si Kecil main cilukba dengan bayangannya di cermin, pasti bayi akan tertawa.

Baca Juga: Umur Berapa Bayi Bisa Melihat? Ini Tahapan dan Stimulasinya

3. Koordinasi Tangan Semakin Baik

Perkembangan bayi 6 bulan ditandai dengan koordinasi tangan yang semakin baik.

Si Kecil mulai mahir memindahkan benda, seperti mainan dari satu tangan ke tangan lainnya. Bayi usia 6 bulan juga masih suka memasukkan benda ke dalam mulutnya.

Jadi, pilihkan mainan untuk bayi 6 bulan yang aman dan jauhkan benda berbahaya seperti baterai, peniti, koin, dan kelereng dari jangkauan bayi, ya.

4. Belajar Duduk

Bayi 6 bulan juga sudah bisa belajar duduk. Pada awalnya bayi mungkin akan gemetaran dan agak oleng ke depan atau ke samping. Jadi, ia akan butuh penyangga tambahan seperti bantal.

Sekitar sebulan ke depan, bayi akan mengembangkan otot inti, leher, dan kontrol kepala sehingga bisa duduk secara mandiri. 

Jika bayi 6 bulan belum bisa duduk sendiri, tak perlu khawatir. Sebab, usia bayi bisa duduk sendiri mulai di bulan-6 hingga ke-8.

5. Pintar Berceloteh

Saat Bunda mengajaknya bicara, normalnya bayi 6 bulan mungkin akan menjawab dengan ocehan. Bayi juga sudah mulai bisa mengucap kata seperti "baba", "mama", atau "dada".

6. Melompat Kecil

Bayi usia 6 bulan sebenarnya belum siap untuk berdiri sendiri. Namun, bayi dapat menopang berat badannya dengan kaki saat Bunda menggendongnya di posisi tegak berdiri. 

Saat digendong, bayi sudah bisa memantulkan tubuhnya naik turun (bouncing).

7. Siap Mulai MPASI

Pada usia 6 bulan, bayi sudah bisa dikenalkan dengan makanan pertama (MPASI) untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selain dari ASI.

Bayi membutuhkan tambahan asupan energi, protein, dan zat besi yang tidak bisa diperoleh hanya dengan mengonsumsi ASI saja.

Baca Juga: Tanda Bayi Siap Mulai MPASI yang Perlu Bunda Kenali

8. Senang Menjatuhkan Benda

Perkembangan bayi 6 bulan ternyata sedang senang-senangnya menjatuhkan benda atau makanan apa pun ke lantai. 

Hal ini bukan tanpa tujuan, karena si Kecil umumnya penasaran dengan bunyi yang mungkin ditimbulkan. 

Bisa juga si Kecil ingin tahu apa yang terjadi bila ia menjatuhkan benda, misalnya apakah Bunda akan menghampirinya. 

9. Kenal Namanya Sendiri

Si Kecil sudah mengetahui namanya, dan akan menanggapi jika namanya dipanggil. Untuk mendorong kemampuan bicara si Kecil, Bunda bisa beri respon saat bayi berceloteh.

Bunda juga bisa memantau apakah perkembangan si Kecil sudah sesuai dengan usianya atau belum dengan mengunduh Catatan Perkembangan Anak secara gratis.

Baca Juga: 14 Ide Aktivitas untuk Stimulasi Bayi 6 Bulan

Apa yang Diperiksa Dokter di Bulan Ke-6?

Di bulan ke-6 ini, dokter masih akan memeriksa pertumbuhan panjang dan berat badan bayi 6 bulan serta pertumbuhan lingkar kepala. Termasuk juga kondisi mata, detak jantung, lengan, kaki, hingga alat kelamin. 

Dokter selanjutnya akan mengecek sudah sampai mana kelengkapan imunisasi si Kecil dan bila ada yang perlu didapat atau dikejar di bulan ini, akan disertakan langsung.

Pemeriksaan bulanan di dokter biasanya juga akan mencakup deteksi tanda-tanda keterlambatan perkembangan bayi. 

Waspada Tanda-Tanda Keterlambatan Perkembangan Bayi

Perlu diingat bahwa perkembangan setiap bayi itu berbeda-beda. Bunda perlu waspada apabila bayi 6 bulan belum bisa melakukan hal-hal berikut:

  • Menanggapi suara di sekitarnya.
  • Tertawa bila Bunda ajak bercanda.
  • Memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya.
  • Mengeluarkan celotehan atau suara apa pun.
  • Berguling.
  • Mengambil benda di dekatnya.

Baca Juga: Apakah Normal Bayi 6 Bulan Belum Bisa Berdiri Tegak?

Perkembangan Bayi 6 Bulan Menuju 7 Bulan

Menginjak usia 7 bulan, si Kecil akan menunjukkan kemahirannya dalam memegang benda. Kini, ia sudah bisa memegang botol minum sendiri dengan kedua tangannya. 

Selain itu, perkembangan bayi ke 7 bulan juga ada yang sudah bisa makan sendiri menggunakan sendok makannya. 

Menariknya, bayi di usia ini sudah mampu mengambil benda berukuran kecil menggunakan cairan ibu jari dan jari telunjuknya. Lalu, sudah bisa apa lagi bayi di usia 7 bulan nanti?

Yuk, terus pantau pertumbuhan dan perkembangan bayi setiap bulan di GenerasiMaju. Semoga si Kecil tumbuh dan berkembang dengan optimal, ya, Bun!

Referensi: 

  1. Your baby’s developmental milestones at 6 months. (2020). Unicef.org. https://www.unicef.org/parenting/child-development/your-babys-developmental-milestones-6-months
  2. Verywell. (2018). Your 6-Month-Old Baby’s Development and Milestones. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/your-6-month-old-baby-development-and-milestones-4172585
  3. ‌CDC. (2023, January 9). Important Milestones: Your Baby By Six Months. Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/ncbddd/actearly/milestones/milestones-6mo.html
  4. ‌Masters, M. (2018, December 27). 6-Month-Old Baby. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/month-by-month/month-6.aspx
  5. ‌6-month-old baby: Development, Milestones & Growth. (2021). BabyCenter. https://www.babycenter.com/baby/month-by-month/6-month-old-baby-milestones-and-development_721
  6. ‌6-7 months: baby development. (2022, December 14). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/babies/development/development-tracker-3-12-months/6-7-months
  7. ‌WebMD. (2009, October 20). Baby Development: Your 6-Month-Old. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-6-month-old
  8. ‌IDAI | Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). (2018). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pemberian-makanan-pendamping-air-susu-ibu-mpasi
  9. IDAI | Kemampuan Motor Bayi Terkait dengan Keterampilan Kemampuan Makan. (2015). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/kemampuan-motor-bayi-terkait-dengan-keterampilan-kemampuan-makan
  10. IDAI | Kurva Pertumbuhan WHO. (2019). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/professional-resources/kurva-pertumbuhan/kurva-pertumbuhan-who
  11. Marcin, A. (2018, March 22). When Can Babies Sit Up and How Can You Help a Baby Develop This Skill? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/parenting/when-can-babies-sit-up#_noHeaderPrefixedContent
  12. Watson, S. (2009, October 21). Baby Development: Your 7-Month-Old. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-7-month-old
  13. Medical Care and Your 4- to 7-Month-Old (for Parents). (2022). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/med47m.html

Artikel Terpopuler