Facebook Pixel Code 15 Buah untuk Bayi 11 Bulan, Kaya Zat Besi dan Vitamin C

15 Buah untuk Bayi 11 Bulan, Kaya Zat Besi dan Vitamin C

15 Buah untuk Bayi 11 Bulan, Kaya Zat Besi dan Vitamin C

 

Selain makanan utama, Bunda juga perlu mengenalkan berbagai buah untuk bayi 11 bulan sebagai sumber vitamin C dan zat besi. Apa saja pilihan yang bisa diberikan?

Pilihan Buah untuk Bayi 11 Bulan

Memberikan buah untuk bayi 11 bulan yang tinggi zat besi dan vitamin C sangatlah penting untuk tumbuh kembang si Kecil. Berikut ragam pilihannya:

1. Pisang

Salah satu jenis buah untuk bayi usia 11 bulan adalah pisang. Tidak hanya kaya serat yang baik untuk pencernaan si Kecil, pisang juga mengandung zat besi, vitamin C, kalium, magnesium, dan folat. 

Teksturnya yang lembut dengan cita rasa manis yang tidak begitu kuat, membuatnya cocok diberikan pada bayi usia berapa pun. 

Pisang bisa disajikan dengan dipotong kecil-kecil atau dihaluskan menjadi puree. Bunda juga dapat mencampurkannya dengan oatmeal ataupun yogurt.

2. Alpukat

Alpukat juga bisa menjadi pilihan buah untuk bayi 11 bulan. Selain zat besi dan vitamin C, alpukat juga mengandung tinggi serat dan lemak sehat yang baik untuk tumbuh kembang si Kecil. 

Bunda bisa menambahkan beberapa potong daging buah alpukat ke dalam menu camilan MPASI, atau mengolahnya jadi smoothies. 

3. Kiwi

Kiwi memang cenderung memiliki cita rasa asam, tetapi tak ada salahnya bila Bunda memberikannya sebagai alternatif buah ini dalam menu MPASI bayi 11 bulan

Ini karena buah kiwi mengandung vitamin C yang tinggi untuk dapat bantu maksimalkan penyerapan zat besi, serta memperkuat imun tubuhnya. 

Sementara itu, kandungan serat pada kiwi dapat bantu si Kecil dalam menjaga kesehatan pencernaan agar ia terbebas dari sembelit.

Baca Juga: Pilihan Makanan dan Tips MPASI untuk Bayi Usia 11 Bulan

4. Buah Naga

Jenis buah yang tersedia dalam dua warna, yakni ungu dan putih ini juga sangat baik untuk diberikan pada bayi usia 11 bulan. 

Pasalnya, buah naga merupakan pilihan makanan kaya zat besi dan vitamin C, juga terdapat nutrisi lainnya seperti vitamin A, B1, B2, B3, dan kalsium.

Bunda bisa menyajikan buah naga yang dipotong-potong dan biarkan si Kecil memakannya langsung. Jika bosan, coba olah buah naga menjadi minuman smoothies yang menyegarkan.

5. Pepaya

Pepaya merupakan pilihan buah yang tinggi vitamin C. Bahkan, kandungan vitamin C-nya disebut lebih tinggi dibandingkan jeruk, pisang, dan apel. 

Ada pula ragam vitamin dan mineral lain yang tak kalah baik di antaranya vitamin A, E, K, B6, kalsium, magnesium, kalium, serta asam folat. 

Sajikan buah pepaya menjadi potongan-potongan kecil, lalu berikan pada si Kecil. 

6. Apel

Apel mengandung nutrisi seperti vitamin A, C, B6, dan asam folat. Nutrisi ini akan bantu memaksimalkan tumbuh kembang si Kecil di masa pertumbuhannya. 

Namun, Bunda perlu berhati-hati bila ingin memberikan pada bayi. Kukuslah apel terlebih dahulu sampai cocok jadi ‘tekstur makanan bayi’ yang lembut, lalu mengiris tipis-tipis, agar ia tidak tersedak.

7. Stroberi

Stroberi juga merupakan buah tinggi zat besi yang baik untuk bayi usia 11 bulan. Buah berwarna merah ini juga mengandung antioksidan untuk melindungi tubuh dari infeksi penyakit.

Bunda bisa langsung memberikannya pada si Kecil setelah stroberi dicuci bersih. Agar lebih menarik, Bunda dapat membuat es lolipop yang menyegarkan.

Baca Juga: Lakukan Hal Ini Bila si Kecil Suka Pilih-Pilih Makanan

8. Pir

Buah pir juga mengandung vitamin C, kalsium, kalium, asam folat dan magnesium, sehingga cocok diberikan sebagai pilihan buah untuk bayi 11 bulan. 

Sama seperti apel, Bunda sebaiknya mengukus buah pir terlebih dahulu sebelum menyajikannya pada si Kecil. 

9. Mangga

Mangga tidak hanya tinggi serat, melainkan juga mengandung vitamin B6, A, dan C yang dapat bantu optimalkan perkembangan otak bayi. 

Bunda dapat memberikan buah mangga matang sebagai finger food (makanan seukuran genggaman bayi). Namun, coba kukus terlebih dahulu agar si Kecil mudah memakannya. 

Selain dimakan secara langsung, coba olah buah berwarna kuning ini menjadi minuman jus atau smoothies. 

10. Semangka

Pilihan buah untuk bayi 11 bulan yang tinggi zat besi dan vitamin C berikutnya adalah semangka. 

Selain itu, buah ini juga diperkaya serat yang baik bagi kesehatan pencernaan si Kecil, serta air yang mampu cegah bayi dehidrasi. 

Cukup berikan potongan buah semangka kepada si Kecil secara langsung, atau mengolahnya menjadi es lolipop yang cantik dan enak.

11. Jeruk

Jeruk merupakan pilihan buah-buahan tinggi vitamin C yang dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Namun lebih dari itu, jeruk juga diperkaya nutrisi lain seperti kalium dan asam folat. 

Untuk bayi usia 11 bulan, Bunda bisa berikan jeruk dengan ukuran lebih besar. Pastikan bijinya sudah dibuang sebelum membiarkan si Kecil menyesap buahnya. 

Baca Juga: Beragam Vitamin yang Dibutuhkan untuk Tumbuh Kembang Bayi

12. Jambu Biji

Selanjutnya, buah untuk bayi 11 bulan adalah jambu biji. Jambu biji mengandung vitamin C yang bisa meningkatkan imun dengan melawan keparahan infeksi penyakit, seperti flu atau pilek.

Serat yang terdapat buah jambu biji juga dapat bantu menjaga saluran cerna si Kecil. Bunda bisa berikan jambu biji dengan mengolahnya menjadi minuman jus dan smoothies. 

13. Kurma

Bayi usia 11 bulan sudah dapat diberikan buah kurma. Buah berwarna cokelat ini diperkaya dengan berbagai mineral seperti zat besi, kalsium, fosfor, dan magnesium. 

Walaupun kemampuan bayi dalam mengunyah makanan di usia ini sudah semakin baik, tetapi tak ada salahnya Bunda mengukus kurma terlebih dahulu supaya mudah dimakan oleh si Kecil.

14. Labu Kuning

Labu kuning mengandung vitamin A yang dapat bantu meningkatkan fungsi penglihatan dan sistem kekebalan tubuh bayi. 

Selain itu, labu kuning mengandung nutrisi penting lain seperti vitamin C, zat besi, asam folat, serat, vitamin E, vitamin B6, dan kalium. 

Untuk menyajikannya pada si Kecil, Bunda dapat mengukus labu kuning terlebih dahulu supaya lebih mudah dimakan. 

15. Nanas

Nanas juga termasuk buah untuk bayi usia 11 bulan yang tinggi akan vitamin C. 

Selain manfaat vitamin C dalam penyerapan zat besi, buah ini juga dapat menjaga sistem imun dan kesehatan pencernaan si Kecil.

Berapa Banyak Buah untuk Bayi 11 Bulan? 

Untuk bayi usia 11 bulan, Bunda bisa memberikan buah-buahan sebanyak 4-8 sendok makan, atau setara dengan ¼ hingga ½ cangkir buah potong per hari.

Jumlah tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan nafsu makan bayi. Buah bisa disajikan sebagai bagian dari makanan utama atau sebagai camilan.

Buah dapat diberikan dalam beberapa kali makan sepanjang hari. Misalnya, buah bisa ditambahkan ke dalam sarapan, makan siang, dan camilan sore. 

Tujuannya adalah untuk menjaga minat makan bayi, tetapi juga memastikan ia mendapatkan beragam nutrisi dari berbagai jenis buah.

Jika Bunda bingung cari inspirasi resep olahan buah-buahan di atas, coba unduh Panduan MPASI dari Generasi Maju, sekarang juga! 

Referensi:

  1. Mrunal. (2018, July 26). Giving Kiwi to Babies – Health Benefits & Recipes. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/kiwi-for-babies-benefits-recipes-and-more/
  2. How to Prepare Pear for Babies - First Foods - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/pear/
  3. How much should my baby eat? A guide to baby food portions. (2023). BabyCenter. https://www.babycenter.com/baby/solids-finger-foods/how-much-food-should-my-baby-eat-a-visual-guide_40005798
  4. Health. (2024). 7 Ways Eating More Bananas Can Boost Your Health. Health. https://www.health.com/bananas-8413931
  5. Aparna. (2019, September 20). Dates for Babies: Nutritional Value, Benefits and Precautions. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/dates-for-babies/
  6. Nair, A. (2018, May 22). Mango for Babies – Health Benefits and Recipes. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/mango-for-babies-health-benefits-and-recipes/#nutritionfactsofmango
  7. Arora, M. (2018, September 12). Dragon Fruit for Baby - Is it Safe to Give Your Child? FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/dragon-fruit-for-baby-is-it-safe-give-your-child/
  8. ‌‌Papaya for Babies - First Food for Babies - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/papaya/
  9. Vegetables and fruits - Healthy Eating for Babies Age 6-12 Months. (2023, June 8). Healthy Eating for Babies Age 6-12 Months. https://www.gov.nl.ca/healthyeating/baby/offering-healthy-foods/what-foods-should-i-offer-my-baby/vegetables-and-fruit/
  10. Khan, A. (2018, June 21). Tomatoes for Babies – When to Introduce, Benefits, Soup Recipes & More. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/tomatoes-for-babies-health-benefits-and-soup-recipe/
  11. Ware, M. (2017, December 21). What are the health benefits of papaya? Medicalnewstoday.com; Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/275517#nutrition
  12. Marcin, A. (2016, January 27). Can Babies Eat Pineapple? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/parenting/can-babies-eat-pineapple#When-to-Introduce-Pineapple
  13. Pumpkin for Babies - First Foods for Baby - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/pumpkin/

Artikel Terpopuler