Facebook Pixel Code 7 Ide Hobi yang Bisa Hasilkan Uang untuk Ibu Rumah Tangga

7 Ide Hobi yang Bisa Menghasilkan Uang untuk Ibu Rumah Tangga

7 Ide Hobi yang Bisa Menghasilkan Uang untuk Ibu Rumah Tangga

 

Menjadi ibu rumah tangga berarti menghabiskan sebagian besar waktu Bunda setiap hari di rumah untuk mengurus si Kecil dan mengerjakan pekerjaan rumah. Namun, bukan berarti Bunda tidak bisa memanfaatkan sedikit waktu luang yang ada dengan melakukan “me time” atau hobi yang bermanfaat bagi diri sendiri, lho! 

Beberapa jenis hobi bahkan bisa menghasilkan uang sehingga makin maksimal manfaatnya untuk mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari. Yuk, simak inspirasi hobi yang produktif untuk ibu rumah tangga dan dapat menghasilkan uang di sini!

Manfaat Memiliki Hobi untuk Ibu Rumah Tangga

Dalam menjalani kehidupan sebagai ibu rumah tangga, Bunda telah disibukkan dengan kegiatan mengurus anak dan suami, berbelanja kebutuhan pokok, sampai beres-beres rumah. Tentunya, segala rutinitas ini dapat membuat Bunda merasa lelah secara fisik dan mental. 

Oleh karena itu, penting bagi Bunda agar sesekali melakukan hobi di tengah kesibukan. Terlebih, ada berbagai macam manfaat menjalankan hobi yang kita sukai, Bun. Berikut di antaranya:

  • Meredakan stres. Jika tidak meluangkan waktu untuk melakukan hal yang disukai, Bunda bisa mudah merasa lelah. Lama kelamaan hal ini dapat memicu terjadinya stres. Jadi, penting untuk menemukan hobi yang tepat dalam mengelola tingkat stres yang Bunda miliki.

  • Perasaan menjadi lebih bahagia. Tak hanya meredakan stres, melakukan hobi yang disukai juga dapat memperbaiki perasaan dan membuat Bunda lebih nyaman serta bahagia. Jika Bunda bahagia, ia akan merasa lebih nyaman dan santai. 

  • Menjadi lebih produktif. Produktif yang dimaksud adalah ketika Bunda dapat menyelesaikan daftar tugas-tugas pekerjaan yang wajib dilakukan, sehingga memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang disukai.

  • Lebih mengenal diri sendiri. Menghabiskan waktu melakukan kegiatan yang disukai bisa membuat Bunda mengenal diri sendiri lebih baik. 

  • Membuat tubuh lebih sehat. Ketika meluangkan waktu untuk diri sendiri, Bunda dapat mengurangi tingkat stres dan memberi tubuh kesempatan untuk menjadi lebih rileks. Inilah yang kemudian membuat tubuh Bunda lebih sehat.

Pilihan Hobi untuk Ibu Rumah Tangga yang Menghasilkan Uang

Sebagai ibu rumah tangga, Bunda mungkin sering kali bingung dalam mencari hobi yang sesuai, bukan? Padahal, rasanya ingin sekali memiliki kegiatan yang bisa mengusir kebosanan dan kelelahan mental dalam menjalani peran sebagai seorang ibu rumah tangga.

Namun, beberapa hobi ini ternyata bisa dibilang maksimal manfaatnya untuk Bunda karena bisa bantu menambah penghasilan. Apa saja?

Jangan khawatir, Bun. Berikut adalah beberapa pilihan hobi yang tepat dan maksimal manfaatnya untuk menghasilkan uang:

1. Bikin Tutorial Masak Sambil Live Stream

Salah satu pilihan hobi untuk ibu rumah tangga yang dapat menghasilkan uang adalah memasak.

Memasak bisa dibilang merupakan salah satu keterampilan yang dimiliki mayoritas ibu rumah tangga mana pun. Jika dijadikan hobi, keterampilan satu ini ternyata bisa menghasilkan suatu hal yang besar lho, Bun!

Sebagai contoh, apabila masakan yang diolah Bunda memiliki rasa yang enak dan khas, maka potensi untuk mengembangkan dan menjual makanan tersebut ke orang lain sangat terbuka luas. 

Kalau Bunda memiliki hobi memasak dan memiliki keahlian untuk menuangkan resep secara verbal, coba buat konten tutorial memasak melalui channel live streaming.

Jika channel ini sudah menjadi besar dengan pengikut ribuan, jangan kaget kalau Bunda bisa memperoleh penghasilan jutaan hingga puluhan juta per bulan dari iklan tergantung pada jumlah penonton video. Menarik, bukan?

Baca Juga: Inspirasi Berbenah Dapur Supaya Bisa Lebih Semangat Masak

2. Membuat Kue

Hobi untuk ibu rumah tangga selanjutnya mirip dengan poin sebelumnya, Bun. Membuat kue atau baking adalah hobi yang dapat menghasilkan penghasilan lebih. Prinsipnya sama seperti dengan memasak pada umumnya, 

Bunda bisa berjualan jenis kue kering atau basah yang tahan lama dan bisa dijual secara online. Tentunya, jangan lupa sesuaikan dengan hobi Bunda, ya. 

Cara pemasarannya sendiri, cobalah memanfaatkan sosial media. Pastinya bila para pelanggan menyukainya maka permintaan akan kue tersebut bisa menjadi lebih besar dan usaha yang akan dijalankan akan memiliki omset yang besar pula. 

3. Jualan Online

Berjualan online sering menjadi hobi baru yang dilakukan oleh para ibu rumah tangga karena dapat dikerjakan di rumah dan tidak terlalu mengambil fokus dan waktu yang berlebih.

Bunda bisa melakukan kegiatan ini sambil mengurus anak dan tetap berada di rumah sambil melakukan usaha online, tanpa harus meninggalkan kewajiban dan pekerjaan sebagai ibu rumah tangga.

Hobi berjualan online akan mendatangkan hal yang bernilai positif, baik untuk Bunda sendiri maupun bagi keluarga Bunda setiap harinya. 

Selain bisa menambah pendapatan rumah tangga, hobi berjualan dengan menggunakan media online akan memberikan kesempatan untuk Bunda tetap bisa berkembang meski dengan ruang gerak terbatas dan waktu yang tidak banyak.

Tak hanya itu, Bunda juga dapat menjual barang-barang secara online lewat platform live streaming.

Baca Juga: Mengenal 12 Indikator Keluarga Sehat Menurut Kemenkes RI

4. Dandan

Bunda senang mendandani diri sendiri, atau mendandani orang lain? Ternyata kegiatan ini juga bisa menambah penghasilan, Bun.

Ya! Jika ditelateni dengan serius, hobi dandan bisa Bunda jadikan sebagai sarana meningkatkan pundi-pundi dengan cara menjadi make up artist. Contoh, Bunda bisa mendandani orang lain untuk menghadiri acara-acara tertentu.

Menariknya lagi, Bunda juga dapat memberikan tutorial dandan lewat live stream atau melalui kursus tatap muka. 

5. Senam

Ibu rumah tangga memang identik memiliki hobi berolahraga atau senam. Nah selain membuat tubuh sehat dan bugar, senam dapat membuat hati menjadi lebih senang. Jika rutin dilakukan, salah satu hobi ini bisa membuat Bunda berprofesi menjadi instruktur senam. 

6. Menjahit

Menjahit juga bisa menjadi pilihan hobi untuk ibu rumah tangga yang seru. Dengan menjahit, Bunda dapat sekaligus melatih kesabaran dalam menciptakan sesuatu mulai dari awal. 

Mula-mula Bunda mungkin hanya bisa menjahit kancing seragam sekolah si Kecil yang terlepas, atau sekadar ingin menambahkan pita guna mempercantik baju.

Namun jika ditekuni terus-menerus dengan membuat karya, misalnya membuat pakaian atau lainnya, hasilnya bisa menjadi ladang penghasilan, Bun. 

7. Merajut

Ketika memiliki hobi merajut, Bunda tak akan merasa bosan di waktu luang. Sebab, mengambil jarum dan segulung benang lalu merajutnya akan membuat Bunda merasa lebih aktif dan nyaman. 

Dengan merajut, Bunda bisa menjadi guru untuk orang-orang di sekitar yang ingin belajar merajut. Hobi ini juga dapat mengantarkan Bunda untuk berkenalan dan berteman dengan orang-orang yang punya hobi sama dengan kamu. Dengan demikian, Bunda akan memiliki teman baru yang memiliki hobi sama.

Apabila Bunda sudah ahli dalam merajut dan menghasilkan banyak rajutan, Bunda bisa menjadikan hobi ini sebagai ladang bisnis atau usaha. Pasti sangat senang rasanya jika bisa menekuni hobi yang bisa menghasilkan banyak uang.

Itu dia berbagai rekomendasi hobi untuk ibu rumah tangga yang dapat menghasilkan uang. Tertarik mencoba, Bun? 

Jangan lupa daftarkan diri Bunda dari sekarang untuk mendapatkan kesempatan kumpulkan poin sebanyak-banyaknya untuk ditukarkan dengan hadiah eksklusif yang maksimal manfaatnya. Dengan jadi member, Bunda juga bisa mengakses konten-konten eksklusif seputar panduan tumbuh kembang dan perawatan si Kecil, sampai promo dan penawaran menarik lainnya!

Referensi:

  1. Mrunal. (2018, September 15). Taking Time Out for Yourself Doesn’t Make You a “Selfish Mom.” FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/taking-time-out-for-yourself-doesnt-make-you-a-selfish-mom/
     
  2. Me Time Ideas for Moms. (2012, December 31). FamilyEducation. https://www.familyeducation.com/family-life/moms-corner/10-me-time-ideas-busy-moms

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline