Facebook Pixel Code Resep MPASI: Bubur Beras Wortel

Resep MPASI: Bubur Beras Wortel

Resep MPASI: Bubur Beras Wortel

Resep MPASI 6 Bulan: Bubur Beras Wortel

Memasuki usia 6 bulan adalah waktunya Bunda mulai melatih buah hati mengenal berbagai makanan lain selain ASI. Hal ini menjadi penting mengingat kebutuhan nutrisi anak yang kian bertambah seiring bertambahnya usia dan tidak lagi dapat dipenuhi dengan ASI saja. Jadi, harus ada asupan nutrisi penunjang lain berupa makanan pendamping ASI (MPASI).

Untuk itulah, Bunda sebaiknya mulai melatih buah hati untuk berkenalan dengan MPASI sejak memasuki usia 6 bulan. Sebagai makanan harian utama, beras menjadi sumber asupan makanan yang tentunya mesti dikenali bayi. Bunda bisa mulai memberikan bubur beras kepada bayi untuk mengenalkan cita rasa sumber karbohidrat utama ini.

Untuk menambah cita rasanya, Bunda bisa mencampurkan bubur beras dengan ragam bahan lain yang bernutrisi tinggi seperti wortel. Manfaat kandungan wortel sangat baik untuk pertumbuhan buah hati. Selain itu, bubur wortel cukup praktis disiapkan. Yuk, cek di sini resepnya, Bun.

Bahan-bahan

  • 1 sendok makan beras putih
  • 25 gram wortel
  • 250 ml air
  • 100 ml ASI

Cara Membuat

  1. Rendam beras putih selama sekitar 3 jam; tiriskan airnya.
  2. Rebus beras dengan air dalam panci sambil sesekali diaduk dan biarkan sekitar 10 menit sampai beras terlihat mulai menjadi bubur. Itu artinya beras sudah matang.
  3. Cuci dan potong-potong wortel menjadi bentuk dadu kecil.
  4. Masukkan wortel ke dalam rebusan bubur, rebus sekitar 5 menit.
  5. Angkat bubur wortel dan haluskan dengan blender agar halus untuk dikonsumsi bayi.
  6. Supaya teksturnya lebih lembut dan lebih familiar untuk buah hati, tambahkan 100 ml ASI.

Bubur wortel ini dapat menjadi jalan pertama bagi bayi mengenal berbagai makanan pokoknya, yakni beras dan sayur. Beras penting untuk memberi asupan tenaga kepada buah hati Bunda karena mengandung karbohidrat tinggi.

Dibandingkan sumber protein lain, beras juga sangat aman untuk bayi. Jenis makanan satu ini tidak mengandung gluten sehingga lebih mudah dicerna buah hati. Kandungan wortel juga bermanfaat melengkapi nutrisi buah hati karena merupakan sumber kalium dan beta karoten yang baik untuk sistem pernapasan.

Wortel juga kaya vitamin A yang bermanfaat bagi kesehatan mata dan tulang bayi. Kandungan vitamin C dalam wortel berguna meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga anak tidak mudah sakit.  

Baca Juga: Resep Generasi Maju: Sup Makaroni Susu

Nah, sekarang Bunda tinggal membuat bubur beras wortel ini di rumah berbekal resep di atas. Kalau bahannya belum ada, Bunda akan menemukan bahan-bahan tersebut di pasar maupun supermarket.

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline