Facebook Pixel Code Cara Mudah Asah Kreativitas Anak di Rumah

Cara Mudah Asah Kreativitas si Kecil di Rumah

Cara Mudah Asah Kreativitas si Kecil di Rumah

Cara Mudah Asah Kreativitas si Kecil di Rumah

Bunda, usia tiga tahun pertama adalah periode terpenting dalam hidup si Kecil. Pada tahap ini, otaknya berkembang dengan pesat dan sangat responsif terhadap lingkungan sekitar. Si Kecil akan mengeksplorasi dunia luar dengan cara menyentuh, melihat, membaui, mendengar dan mengecap. Nah, Bunda bisa mulai mengasah kreativitas si Kecil melalui permainan sederhana yang melibatkan seluruh indranya.

Tahukah Bunda, kreativitas tidak hanya selalu tentang seni. Kreativitas juga penting dalam ilmu pengetahuan dan kecerdasan social maupun emosional si Kecil. Dengan kreativitas, si Kecil juga bisa memecahkan maslaah dengan lebih baik. Jangan khawatir, Bunda. Meskipun ruang gerak si Kecil hanya di rumah saja, Bunda bisa tetap mengasah kreativitasnya dengan aktivitas berikut ini:

1. Dalami Seni

Arahkan si Kecil agar menikmati aktivitas berbau seni3 seperti mewarnai, menggambar, atau menempelkan stiker warna-warni di atas kertas. Pastikan Bunda selalu memilih alat-alat yang aman untuknya. Awasi juga kegiatan si Kecil selama melakukannya. Untuk membangun rasa percaya dirinya, Bunda bisa memajang karya seni buatannya di tembok atau kulkas sebagai bentuk apresiasi.

2. Bermain Drama

Sejumlah studi menunjukkan bahwa permainan drama atau berpura-pura bisa meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada anak. Mulailah dari yang mudah seperti memperagakan gerak dan bunyi hewan, bermain orang-orangan, atau berpura-pura naik mobil atau pesawat sambil melihat-lihat pemandangan.

3. Membangun Balok

Mengasah kreativitas juga tidak perlu mainan yang terlampau canggih, Bun. Sediakan balok-balok bangunan dan contohkan cara menyusunnya pada si Kecil. Para ahli menyarankan agar Bunda membiarkan si Kecil menggunakan imajinasi dan membangun bentuk kesukaannya sendiri daripada sekadar mengikuti instruksi.

4. Bermain Musik

Melalui kegiatan bermusik, anak-anak dapat memperdalam pengetahuan mereka tentang dunia. Banyak kegiatan bermusik yang bisa BUnda coba seperti bernyanyi bersama dan menari. Bunda juga bisa menggunakan peralatan sehar-hari untuk membuat irama. Dentingkan mangkuk dengan sendok, atau goyangkan botol minum yang diisi beras atau kacang hijau.

5. Memasak Sederhana

Memasak bisa membantu si Kecil mengeksplorasi lingkungan dengan indranya. Ajak mereka mendengarkan suara-suara dari mikser, memukul-mukul adonan, atau mencium aroma kue di oven dan mencicipinya. Beri si Kecil “pekerjaan” yang sesuai dengan kemampuannya seperti merobek-robek sayuran untuk salad, menyusun topping pizza mini, dan mengaduk adonan pancake.

6. Bermain Bebas

Di luar cara-cara di atas, berikan si kecil waktu bermain bebas tanpa agenda. Pada waktu inilah si Kecil bisa menggunakan imajinasinya tanpa batas. Studi menunjukkan free play atau waktu bermain bebas memiliki efek positif terhadap kreativitas anak.

Ternyata meski di rumah saja, Bunda bisa tetap mengasah kreativitas si Kecil. Selain stimulasi, si Kecil tetap membutuhkan asupan nutrisi yang tepat sesuai dengan usianya, untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya ya, Bun. Pastikan makanan yang Bunda masak matang dengan sempurna ya. Setelah beraktivitas, ajak si Kecil beritirahat dengan cukup.

Jangan lupa, selalu cuci tangan Bunda selama 30 detik sebelum memegang si Kecil. Untuk informasi lain tentang nutrisi dan tumbuh kembang si Kecil, Bunda bisa mengirimkan pertanyaan melalui carelinesgm@sarihusada.co.id atau nomor 0800 1 360 360.

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline