Memberikan Vitamin Sesuai Kebutuhan Anak | Generasimaju.co.id

Memberikan Vitamin Sesuai Kebutuhan Anak

Memberikan Vitamin Sesuai Kebutuhan Anak

Sumber vitamin terbaik untuk anak, khususnya usia di bawah 3 tahun, bisa didapatkan dari ASI dan asupan MPASI. Periode tumbuh kembang anak yang pesat terjadi sebelum anak berusia 3 tahun. Terkadang periode ini menjadi dilema bagi orang tua karena di satu sisi, Bunda ingin memberikan asupan nutrisi terbaik untuk buah hati. Namun, di sisi lain, ini merupakan usia buah hati kerap memilih-milih makanan.

Vitamin untuk Anak, Perlu atau Tidak?

Sebagai orang tua, Bunda mungkin merasa cemas melihat buah hati kerap pilih-pilih makanan. Ada kalanya timbul pertanyaan, “Apakah perlu memberikan suplemen vitamin tambahan untuk buah hati?”

Jika mengalami situasi ini, barulah Bunda bisa mempertimbangkan pemberian vitamin tambahan untuk buah hati setelah berkonsultasi dengan dokter. Suplemen multivitamin dianggap solusi pengganti terbaik untuk memenuhi asupan nutrisi buah hati yang susah makan.

Kalau Anak Pilih-pilih Makanan

Sebaiknya Bunda tidak langsung memberikan vitamin tambahan jika melihat buah hati mulai pilih-pilih makanan. Alih-alih langsung memberikan multivitamin, Bunda bisa mencoba membujuk agar buah hati mencoba makanan yang disiapkan.

Bunda juga bisa mencoba beberapa cara menyajikan makanan dengan tampilan yang dapat menarik minat makan buah hati. Misalnya membuat bentuk-bentuk menarik dengan sayuran; seperti wortel yang dibentuk bunga; atau buat brokoli sebagai pohon atau rambut karakter tertentu. Kalau buah hati susah makan buah, Bunda bisa mengolahnya menjadi jus, puding, atau es loli.

Kapan Anak Perlu Suplemen Vitamin?

Jika Bunda merasa buah hati kurang mendapat asupan vitamin karena susah makan, sebaiknya cari tahu dengan berkonsultasi ke dokter. Dokter akan memeriksa kondisi buah hati dan memutuskan apakah sebaiknya mendapatkan tambahan suplemen vitamin. Nah, berikut dua hal yang bisa Bunda perhatikan saat mempertimbangkan pemberian vitamin untuk buah hati.

  1. Berkonsultasi dengan Dokter

Cara paling baik untuk mengetahui kondisi buah hati adalah konsultasi dengan dokter. Tiga hal yang umumnya menjadi pertimbangan dokter adalah:

  • Anak mengalami keterlambatan pertumbuhan.

  • Anak memiliki penyakit kronis atau punya alergi makanan.

  • Anak sengaja dididik untuk memiliki menu diet tertentu, seperti Bunda dan keluarga mendidiknya menjadi vegetarian.

Jika dokter mendiagnosis anak perlu tambahan suplemen, sebaiknya Bunda tanyakan juga jenis vitamin apa yang direkomendasikan untuk buah hati.

  1. Batasi Asupan Suplemen Vitamin

Suplemen vitamin untuk anak umumnya dibuat dengan rasa yang enak supaya buah hati mudah menyukainya. Walau begitu, pemberian vitamin untuk anak sebaiknya sesuai rekomendasi dokter. Ini agar Bunda terpacu memberikan asupan vitamin alami dari asupan makanan.

Dikarenakan rasanya yang enak, buah hati mungkin tergoda untuk mengonsumsinya sendiri tanpa sepengetahuan Bunda. Karena itu, Bunda juga disarankan menyimpan vitamin di tempat yang jauh dari jangkauan anak, seperti di rak lemari yang tinggi. Sebaiknya Bunda memberikan vitamin langsung kepada buah hati tanpa menunjukkan tempat penyimpanannya. Ini untuk menghindari anak mengonsumsi vitamin di luar dosis seharusnya tanpa pengawasan Bunda.  

Demikian beberapa panduan sederhana pemberian vitamin bagi buah hati Bunda. Meski sudah mendapatkan suplemen vitamin, tetap beri semangat agar buah hati mencoba berbagai variasi makanan.

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 1 - 3 tahun

8 Nutrisi Penting untuk Daya Tahan ...

Nutrisi yang tepat bisa membantu pertumbuhan sekaligus daya tahan anak berusia 1-3 tahun.

Makanan Sehat untuk Dukung Kesehatan ...

Makanan Sehat untuk Dukung Kesehatan si Kecil

Cara Menjaga Kesehatan si Kecil ...

Cara Menjaga Kesehatan si Kecil di Musim Virus

Bantu Buah Hati Mencukupi Kebutuhan ...

Bantu Buah Hati Mencukupi Kebutuhan Asupan Makanan Bergizi

Bunda, Ajarkan Cara Mencuci Tangan ...

Bunda, Ajarkan Cara Mencuci Tangan yang Benar untuk Menjaga Kesehatan Anak

Tips Jaga Kesehatan Si Kecil ...

Tips Jaga Kesehatan Si Kecil Lewat Physical Distancing untuk Hindari Penularan Virus


Artikel Terpopuler

8 Nutrisi Penting untuk Daya ...

Baca Selengkapnya >

Tips Jaga Kesehatan Si ...

Baca Selengkapnya >

Penanganan Diare pada Anak

Baca Selengkapnya >

3 Jenis Gejala Alergi pada ...

Baca Selengkapnya >

Bun, Pastikan Periode Emas ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut