Bun, Yuk Intip Makanan untuk Persiapkan Produksi ASI

Bun, Yuk Intip Makanan untuk Persiapkan Produksi ASI

Bun, Yuk Intip Makanan untuk Persiapkan Produksi ASI

Pemberian ASI dilakukan sesaat setelah bayi lahir. Namun, ternyata tubuh Bunda mulai mempersiapkan produksi ASI bahkan sejak masa kehamilan sebelum kelahiran buah hati. Salah satu cara yang bisa Bunda lakukan untuk mengoptimalkan produksi ASI sejak masa kehamilan adalah dengan konsumsi makanan bergizi sebagai asupan nutrisi.

Pentingnya Asupan Nutrisi untuk ASI

Saat masa menyusui, nutrisi diberikan kepada buah hati melalui ASI. Nutrisi dalam ASI berasal dari asupan nutrisi yang dikonsumsi Bunda. Karena itu, sebaiknya Bunda selalu memperhatikan asupan makanan harian sejak masa awal kehamilan.

Selain mempengaruhi kualitas kandungan nutrisi dalam ASI, asupan yang Bunda makan juga dapat berpengaruh terhadap produksi ASI. Beberapa makanan mungkin lebih baik untuk Bunda konsumsi untuk melancarkan atau mengoptimalkan produksi ASI.

Makanan Penunjang Produksi ASI

Terdapat beberapa sumber nutrisi mulai dari makanan, minuman, hingga suplemen multivitamin. Dari ketiga sumber ini, makanan merupakan sumber paling utama. Makanan seperti apakah yang baik untuk dikonsumsi Bunda selama kehamilan demi menunjang produksi ASI?

  1. Makanan Tinggi Asam Folat

Asam folat adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan setiap hari, tapi kebutuhannya akan meningkat selama kehamilan dan masa menyusui. Ibu hamil membutuhkan asam folat untuk perkembangan janin dan untuk mempersiapkan produksi ASI.

Ada banyak sumber asam folat yang bisa Bunda konsumsi sehari-hari. Beberapa di antaranya adalah sayuran hijau seperti bayam, daun katuk, brokoli, serta buah-buahan seperti jeruk, alpukat, dan tomat.

  1. Makanan yang Mengandung Zat Besi

Jumlah zat besi dalam ASI memang tidak banyak. Namun, zat besi merupakan salah satu nutrisi yang langsung disalurkan melalui ASI sehingga sangat penting dalam masa persiapan ASI. Makanan yang mengandung asam folat umumnya juga kaya zat besi, seperti bayam, tomat, kacang-kacangan, telur, dan daging merah.

  1. Karbohidrat

Karbohidrat diserap dan disalurkan melalui ASI dalam bentuk laktosa. Fungsi laktosa dalam ASI adalah membantu penyerapan kalsium. Laktosa juga mencegah pertumbuhan organisme di usus sekaligus menunjang perkembangan otak buah hati.

Salah satu sumber karbohidrat yang paling baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan adalah nasi merah. Selain sebagai sumber karbohidrat, nasi merah juga kaya serat yang penting bagi tubuh.

  1. Sumber Lemak Esensial

Makanan dengan kandungan lemak baik juga sangat penting untuk produksi ASI. Lemak merupakan sumber energi utama bagi bayi. Selain itu, lemak dalam ASI memiliki kandungan asam lemak yang baik untuk perkembangan mata dan otak bayi.

Bunda sebaiknya memilih makanan dengan kandungan lemak tak jenuh untuk mempersiapkan produksi ASI. Contoh makanan yang mengandung lemak tak jenuh adalah ikan tuna, alpukat, dan jagung.

  1. Kebutuhan Cairan Bunda Menyusui

Selama masa menyusui, Bunda juga membutuhkan asupan cairan untuk mengoptimalkan produksi ASI. Bunda disarankan minum sekitar 2-3 liter air per hari atau setara 8 gelas air. Selain air putih, kebutuhan cairan harian dapat Bunda penuhi dengan konsumsi susu, buah-buahan, dan makanan yang mengandung banyak air.

Asupan cairan ini juga bergantung pada kondisi tubuh Bunda sehari-hari. Jika Bunda banyak mengeluarkan cairan atau sering berkeringat, sebaiknya Bunda minum lebih banyak air dalam sehari. Meski demikian, sebaiknya Bunda tidak minum lebih dari 12 gelas air sehari karena dapat menurunkan pembentukan ASI.

Sebelum menyusui buah hati adalah waktu terbaik untuk minum. Ini karena cairan yang diminum buah hati melalui ASI Bunda dapat tergantikan dengan air yang diminum sebelum menyusui.

Selain nutrisi di atas, terdapat juga nutrisi yang ada di dalam ASI seperti protein dan air. Meski jumlahnya tidak terlalu signifikan, memenuhi kebutuhan keduanya tetap penting selama persiapan menyusui loh, Bun. ASI memiliki peran vital bagi perkembangan si buah hati. Kualitas ASI yang terjaga mampu mempengaruhi tumbuh kembang bayi di masa mendatang.

Yuk, Bun, jaga asupan nutrisi sejak di awal kehamilan.

Artikel Lainnya di Tahapan Kehamilan & Menyusui Trimester 2

Bunda Butuh Vitamin Ini untuk ...

Vitamin menjadi salah satu nutrisi esensial untuk menjaga kinerja fungsi tubuh selama masa...

5 Jenis Makanan untuk Optimalkan Pertumbuhan ...

Asupan nutrisi tepat yang diberikan selama kehamilan akan membantu perkembangan otak janin secara...

Jenis Olahraga dan Manfaatnya bagi ...

Masa kehamilan sepatutnya tidak menghalangi Bunda untuk melakukan olahraga. Bila trimester pertama...

Stimulasi Janin dalam Kandungan dengan ...

Melakukan olahraga ibu hamil adalah salah satu hal terbaik yang bisa Bunda lakukan untuk kesehatan...

Perkembangan Janin pada Trimester Kedua ...

Saat masa-masa awal kehamilan, mungkin Bunda masih sulit percaya dengan adanya janin yang bernyawa...

Bunda, Kurangi Aktivitas Ini saat ...

Trimester kedua kehamilan kerap disebut “Golden Trimester”. Hal ini karena morning sickness...

Artikel Terpopuler

Bun, Lakukan Hal Ini ...

Baca Selengkapnya >

Perkembangan Janin & Nutrisi Pelengkap ...

Baca Selengkapnya >

Kebutuhan Gizi untuk Optimalkan ...

Baca Selengkapnya >

Lancar Persalinan Normal dengan 10 ...

Baca Selengkapnya >

6 Cara Efektif Memperlancar ASI

Baca Selengkapnya >