Bun, Jadikan Buah Hati Rajin Belajar dengan Kebiasaan Ini

Bun, Jadikan Buah Hati Rajin Belajar dengan Kebiasaan Ini

Bun, Jadikan Buah Hati Rajin Belajar dengan Kebiasaan Ini

Melihat anak rajin belajar akan menjadi kebanggaan tersendiri buat Bunda. Tidak jarang Bunda pun ingin melihat anak rajin belajar semenjak usia dini.

Bunda sebaiknya tidak sembarangan memaksa anak untuk belajar dengan satu cara karena tiap anak memiliki cara belajar sendiri. Contohnya, cara belajar anak usia dini dengan usia balita tidak bisa disamakan dengan cara belajar anak yang menginjak bangku sekolah.

Untuk anak usia dini, Bunda sebaiknya melatih anak rajin belajar dengan kebiasaan-kebiasaan yang menyenangkan. Buah hati sebaiknya dilatih merasakan belajar merupakan kegiatan yang menyenangkan. Jika salah metode, anak akan merasa takut dengan proses belajar yang terkesan membosankan dan memberatkan hari-harinya.

Berikut bebearapa cara yang bisa Bunda terapkan kepada buah hati untuk meningkatkan semangat belajarnya.

  1. Berikan Permainan Edukatif

Usia anak mungkin tidak bisa dipaksa untuk duduk diam dan memahami sesuatu yang Bunda jelaskan. Bagaimana pun tabiat anak, apalagi usia balita, adalah ingin bermain. Jadikan kebiasaan tersebut sebagai celah bagi Bunda menyisipkan pembelajaran dalam tiap permainannya.

Berikan anak permainan-permainan yang mengandung pelajaran. Bunda bisa memberikan mainan balok yang mengasah kreativitas anak. Bunda juga bisa memberikan permainan sensori yang membuat anak bisa lebih mengenal tekstur sekitarnya.

  1. Biarkan Bermain Bersama Teman Sebaya

Berkumpul bersama anak-anak seusianya akan membantu buah hati untuk lebih belajar berempati dan berinteraksi. Membiakan anak berkumpul bersama teman-temannya juga akan membantu anak lebih asyik mempelajari hal-hal baru yang ada di sekitarnya.

Karena itu, Bunda sebaiknya memiliki jadwal untuk mengantar dan menjaga buah hati ke teman permainan seperti taman ataupun ruang bermain lainnya. Biarkan anak berinteraksi alami dengan teman sepermainannya. Walau tampaknya bermain, hal tersebut akan membuat anak lebih senang menerima pelajaran dari teman maupun orang-orang di sekitarnya.

  1. Ajak Jalan-jalan

Belajar tidak harus selalu duduk diam dan di dalam rumah. Apalagi bagi anak kecil, belajar lewat proses jalan-jalan akan lebih menyenangkan. Dengan berjalan-jalan ke tempat baru, Bunda bisa meningkatkan minat keingintahuan buah hati terhadap berbagai hal yang belum pernah dilihatnya.

Buah hati mungkin akan sering bertanya mengenai berbagai hal baru yang dijumpainya. Jangan pernah bosan menjawabnya ya, Bun. Pertanyaan-pertanyaan sederhana dari anak nyatanya merupakan bagian dari proses belajar untuk menjawab keingintahuannya terhadap berbagai hal. Bahkan, jika anak sudah mulai bosan bertanya, giliran Bunda yang bisa mengajukan pertanyaan mengenai benda-benda yang kalian jumpai ketika berjalan-jalan.

  1. Dampingi Anak Bermain Sambil Belajar

Kenyamanan sangat menentukan anak bisa menyukai proses belajarnya atau tidak. Jika tidak nyaman, jangan harap buah hati bisa tenang mengikuti proses belajar yang Bunda berikan. Sebaliknya jika merasa nyaman, anak akan betah untuk belajar.

Salah satu cara yang bisa Bunda lakukan untuk membuat buah hati merasa nyaman dalam belajar adalah dengan selalu berada di sampingnya. Dampingi buah hati ketika sedang bermain sambil belajar. Sebisa mungkin, tanggapi tiap pertanyaannya dan ikutlah bermain dengan anak. Dengan demikian, anak akan merasa proses belajar sambil bermain adalah waktu yang menyenangkan untuk bisa dekat dengan Bunda. Ia pun akan mau untuk terus mengulang proses tersebut.

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 3 - 5 tahun

2 Tips Penting Mempersiapkan Si Kecil ...

Memasuki usia sekolah adalah momen penting bagi Bunda dan anak.

4 Hal Yang Perlu Dilakukan Agar ...

Bunda apakah si Kecil sudah siap sekolah? Hari pertama sekolah si Kecil adalah tahap kehidupan baru...

3 Rahasia Agar Si Kecil Berprestasi ...

Prestasi si Kecil di sekolah tidak terlepas dari dukungan dan peran orang tua di rumah.

Pentingnya Dukungan Nutrisi Bagi 33Juta ...

Jakarta - Komitmen dan dukungan kolektif masyarakat untuk memenuhi asupan nutrisi bagi anak sejak...

Masa Depan Bangsa Ditangan 33 Juta ...

Berdasarkan Profil Kesehatan Indonesia 2017 pada Riset Data dan Informasi Kementerian Kesehatan...

33 Juta Anak Indonesia, Fondasi Kuat ...

Indonesia sebagai negara berkembang tentu memiliki target untuk menjadi negara maju pada tahun...

Artikel Terpopuler

8 Nutrisi Penting untuk Daya ...

Baca Selengkapnya >

3 Jenis Gejala Alergi pada ...

Baca Selengkapnya >

Bun, Pastikan Periode Emas ...

Baca Selengkapnya >

Kenali Sebab dan Penanganan ...

Baca Selengkapnya >

Kenali Penyebab dan Gejala ...

Baca Selengkapnya >