Bantu Buah Hati Mencukupi Kebutuhan Asupan Makanan Bergizi | Generasimaju.co.id

Bantu Buah Hati Mencukupi Kebutuhan Asupan Makanan Bergizi

Bantu Buah Hati Mencukupi Kebutuhan Asupan Makanan Bergizi

Pada masa balita menjadi momen perkembangan fisik dan mental terjadi sangat pesat. Untuk memastikan tumbuh kembang optimal, diperlukan dukungan asupan makanan bergizi sebagai energi, juga untuk mendukung fungsi organ tubuh, pemulihan dari sakit, dan menangkal berbagai virus penyakit.

Menu Seimbang Makanan Bergizi untuk Anak

Pastikan makanan bergizi untuk anak merupakan kombinasi dari berbagai bahan berikut:

  1. Buah dan sayur, misalnya alpukat, jeruk, melon, pepaya, pisang, tomat, dan wortel. Buah dan sayur tersebut bisa diolah menjadi jus. Jangan sampai lupa untuk memastikan buah dan sayur masih dalam keadaan segar sebelum diolah
  2. Mulailah untuk memberikan makanan yang mengandung karbohidrat secara bergantian, baik sebagai menu utama maupun makanan selingan atau bekal sekolah. Bunda bisa membuat donat kentang dan puding roti. Asupan karbohidrat bisa diperoleh dari jagung, kentang, mie, nasi, roti, dan sereal
  3. Demi menunjang perkembangan otak anak, pastikan makanan bergizi untuk anak mengandung lemak dari omega 3 dan omega 6. Makanan dengan kandungan zat gizi tersebut, bisa Bunda peroleh dari ikan, kue, mentega, minyak, roti, dan santan
  4. Dalam susunan menu seimbang untuk sehari hari, jangan lupakan protein ya, Bun. Makanan bergizi untuk anak seperti telur, susu, ikan, ayam, daging, dan kacang-kacangan merupakan sumber protein.
  5. Bunda juga bisa berikan susu pertumbuhan dan produk olahan susu seperti keju dan yoghurt, untuk memeroleh asupan protein dan kalsium. Manfaat minum susu untuk menunjang pertumbuhan gigi dan tulang

Tips Pola Makan Seimbang

Sekadar tambahan, Bunda bisa menerapkan tips pola makan seimbang untuk anak seperti:

  1. Jika ingin memberikan buah dan sayur, lakukanlah secara bergantian. Bila anak tidak mau makan sayur, coba berikan buah. Kemudian coba kembali sayur hingga anak mau memakannya.
  2. Berikan makanan dalam saat anak lapar dan dalam porsi kecil. Bila anak tidak mau menghabiskan makanan, jangan simpan sisa makanan untuk keesokan harinya. Bunda bisa berikan lagi makanan tersebut beberapa jam kemudian. Bila anak masih tidak mau memakannya, jangan paksakan dan berikan makanan yang lain
  3. Untuk menggugah nafsu makannya, Bunda bisa menaruh camilan dalam sebuah wadah besar yang menarik. Bisa letakkan makanan dalam cup berwarna-warni dengan desain lucu

Semoga dengan informasi makanan bergizi untuk anak di atas bisa menjadi panduan Bunda dalam membuat susunan menu seimbang untuk sehari-hari yang penuh nutrisi baik bagi buah hati, ya.

Jika Bunda masih ingin mencari tahu lebih dalam terkait informasi nutrisi dan tumbuh kembang anak, bisa dengan mengirimkan pertanyaan melalui carelinesgm@sarihusada.co.id atau nomor 0800 1 360 360.

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 1 - 3 tahun

8 Nutrisi Penting untuk Daya Tahan ...

Nutrisi yang tepat bisa membantu pertumbuhan sekaligus daya tahan anak berusia 1-3 tahun.

Makanan Sehat untuk Dukung Kesehatan ...

Makanan Sehat untuk Dukung Kesehatan si Kecil

Cara Menjaga Kesehatan si Kecil ...

Cara Menjaga Kesehatan si Kecil di Musim Virus

Bunda, Ajarkan Cara Mencuci Tangan ...

Bunda, Ajarkan Cara Mencuci Tangan yang Benar untuk Menjaga Kesehatan Anak

Tips Jaga Kesehatan Si Kecil ...

Tips Jaga Kesehatan Si Kecil Lewat Physical Distancing untuk Hindari Penularan Virus

Aktivitas Fisik untuk Dukung Tumbuh ...

Aktivitas Fisik untuk Dukung Tumbuh Kembang Anak Usia 1-3 Tahun


Artikel Terpopuler

8 Nutrisi Penting untuk Daya ...

Baca Selengkapnya >

Tips Jaga Kesehatan Si ...

Baca Selengkapnya >

Penanganan Diare pada Anak

Baca Selengkapnya >

3 Jenis Gejala Alergi pada ...

Baca Selengkapnya >

Bun, Pastikan Periode Emas ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut