Facebook Pixel Code 5 Obat Gatal Alami yang Aman untuk Anak

5 Cara Alami Mengobati Gatal pada Anak

5 Cara Alami Mengobati Gatal pada Anak


Anak-anak sering merasakan gatal pada kulitnya. Penyebabnya bisa macam-macam, seperti karena digigit nyamuk, efek keringatan (biang keringat), reaksi alergi, atau karena paparan dengan lingkungan sekitarnya, seperti dedaunan, batang, dan akar tanaman tertentu ketika si Kecil sedang semangat bermain di luar. Lalu, adakah obat gatal alami yang cocok dan aman digunakan untuk anak?

Ragam Obat Gatal Alami yang Aman untuk Anak

Karena penyebabnya berbeda-beda, sebenarnya cara pengobatan gatal juga bisa berbeda-beda. Sebagai contoh, jika gatal-gatal pada anak disebabkan oleh reaksi aleregi, pengobatan yang paling ampuh adalah dengan obat alergi yang mengandung zat antihistamin. Oleh karena itu, Bunda harus pastikan dulu apa penyebab si Kecil mengalami gatal dan sebaiknya berkonsultasi dulu ke dokter.

Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba gunakan alternatif obat alami untuk bantu meredakan gatal pada anak sementara juga siap-siap pergi ke dokter. Sebab, semakin lama gatal dibiarkan, si Kecil mungkin akan semakin rewel dan “tergoda” untuk menggaruknya. Padahal, menggaruk gatal itu tidak disarankan, lho, karena akan meningkatkan risiko luka yang memicu infeksi pada kulit.

Nah, Bunda tidak perlu khawatir. Berikut adalah beberapa rekomendasi alternatif obat gatal yang bisa digunakan untuk mengatasi gatal anak secara alami:

1. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan pilihan pertama sebagai bahan alami untuk gatal anak. Tanaman satu ini sudah dipercaya turun-temurun untuk mengobati masalah kulit. Seiring perkembangan zaman, lidah buaya makin dipercaya sebagai obat tradisional yang bisa menangani sejumlah kondisi.

Ini karena lidah buaya memiliki sifat antiradang yang sangat penting untuk meredakan pembengkakan, nyeri, serta kemerahan dan panas ketika kulit teriritasi karena gatal. Menggunakan gel lidah buaya juga bantu mempercepat proses penyembuhan gatalnya.

Bagian lidah buaya yang bisa dipakai untuk obat gatal ialah bagian gel atau dagingnya. Bunda bisa mengupas kulit hijaunya terlebih dahulu, lalu mengoleskan gel lidah buaya di bagian kulit si Kecil yang gatal.

Sebagai obat gatal alami untuk anak, gunakanlah gel aloe vera komersil - bukan getah asli yang Bunda bisa dapatkan dari mengerok daging dalam daun lidah buaya. Tapi, carilah produk gel aloe vera yang terbuat dari 100 persen lidah buaya murni untuk menghindari masuknya alergen atau bahan lain yang dapat semakin mengiritasi kulit si Kecil.

Oleskan gel lidah buaya secara merata ke seluruh area kulit anak yang terasa gatal. Tunggu beberapa menit sampai gel mengering dan baru minta si Kecil berpakaian.

Bunda boleh ulangi mengoleskan gel sampai anak merasa gatalnya benar-benart mereda.

2. Kunyit

Jika Bunda tidak punya persediaan gel aloe vera di rumah, coba gunakan kunyit untuk redakan gatal pada anak secara alami. Sebab, kunyit mengandung kurkumin, yaitu senyawa aktif yang memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri. Kandungan inilah yang bisa meredakan gatal-gatal pada kulit. Bunda bisa mencoba krim atau salep yang dibuat dari kunyit asli untuk mengurangi gatal pada si Kecil.

Baca Juga: Mengatasi Biduran atau Ruam Merah pada Anak 

3. Oatmeal

Oatmeal alias bubur gandum bisa menjadi pilihan bahan alami untuk Bunda balurkan pada kulit si Kecil yang gatal-gatal. Oatmeal mempunyai komponen antiradang yang dapat mengurangi rasa gatal di kulit, juga sekaligus dapat melembabkan dan menyejukkan kulit yang terasa panas karena teriritasi.

Cara menggunakannya yaitu dengan menaburkan oatmeal yang sudah dilarutkan dengan air hangat untuk si Kecil gunakan berendam. Minta si Kecil berendam di air hangat yang berisi oatmeal selama maksimal 15 menit, kemudian keringkan kulit dengan handuk. Setelahnya, oleskan pelembap yang aman untuk anak demi menjaga kelembapan kulitnya.

4. Es Batu

Dokter kulit juga sering merekomendasikan penggunaan es batu untuk meredakan masalah kulit gatal, lho! Suhu dingin pada es batu bisa memberikan efek seperti mati rasa pada area kulit yang teriritasi sehingga si Kecil tidak merasa gatal untuk sementara.

Caranya yaitu dengan membuat kompres es batu. Pertama, bungkus dulu beberapa bongkah es batu dengan kain waslap yang bersih, setelah itu Bunda bisa tempelkan kompres ke kulit si Kecil yang gatal kira-kira 5-10 menit. Bunda bisa ulangi menggunakan kompres dingin untuk redakan gatal-gatal si Kecil, tapi beri jeda sebentar tiap kali akan mengulangnya, ya!

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dikenal baik untuk mengatasi masalah kulit seperti gatal-gatal dan ruam. Sebab, minyak ini memiliki kandungan antiinflamasi yang bisa membantu mengurangi peradangan pada kulit. Minyak kelapa juga bisa menjadi pelembap yang efektif dan membantu perawatan kulit kering dan eksim, serta mengurangi gatal akibat kedua masalah kulit tersebut. 

Bunda hanya perlu mengoleskan bahan alami ini ke kulit anak yang gatal. Namun, oleskan sedikit terlebih dahulu ke kulit yang sehat untuk melihat apakah si Kecil memiliki reaksi terhadap minyak kelapa atau tidak. Jangan lupa juga, pastikan produk aman untuk anak dan terdaftar BPOM. 

Baca Juga: Semua Tentang Biduran Pada Anak yang Perlu Bunda Ketahui 

Nah, itu dia berbagai bahan alami yang dapat membantu meredakan gatal pada anak di rumah. Pada sebagian anak, gatal bisa sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu beberapa hari. Meski begitu, gejala juga bisa saja bertahan agak lebih lama terutama jika gatalnya disebabkan oleh alergi. 

Jadi jika gatal-gatalnya masih belum mereda, segeralah periksakan anak ke dokter. Jika tidak yakin penyebabnya adalah alergi, Bunda juga bisa Cek Risiko Alergi untuk konsultasikan gejala-gejala dan penangannya langsung dengan pakar alergi. Sebab, jika gejala alergi diabaikan tanpa penanganan yang tepat, tumbuh kembang anak bisa terganggu, lho!

Yuk, Bunda tetap jaga si Kecil dan tetap perhatikan bila ada perubahan tertentu yang mengganggu kesehatannya. Semoga ulasan artikel ini membantu, ya!

Referensi:

  1. Quinn, D. (2021, February 19). Benefits of Coconut Water for Skin: How to Get That Dewy Glow. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/benefits-of-coconut-water-for-skin#what-it-cant-do‌
  2. Link, R. (2017, April 9). Is Coconut Oil Good for Your Skin? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/coconut-oil-and-skin
  3. Davidson, K. (2020, January 9). Can Turmeric Help Fight Eczema? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/turmeric-for-eczema#turmerics-effect
  4. Nall, R. (2018, October 29). Oatmeal Baths: A Skin-Soothing Home Remedy. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/oatmeal-bath#takeaway
  5. 0. (2021, December 8). The Best Remedies for Itching. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/outdoor-health/best-remedies-for-itching
  6. dinkes. (2018, March 13). Khasiat Lidah Buaya Yang Sebenarnya. Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya. https://dinkes.palangkaraya.go.id/khasiat-lidah-buaya-yang-sebenarnya/
  7. gilmerm. (2021, November 12). Home Remedies for Itchy Skin. Cleveland Clinic; Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/home-remedies-for-itchy-skin/

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline