Facebook Pixel Code Tinggi Badan Anak 5 Tahun yang Ideal dan Cara Mencapainya

Tinggi Badan Anak 5 Tahun yang Ideal dan Cara Mencapainya

Tinggi Badan Anak 5 Tahun yang Ideal dan Cara Mencapainya

 

Berat dan tinggi badan anak 5 tahun harus sesuai dengan kurva pertumbuhan agar si Kecil bisa dikatakan tumbuh maksimal dan sehat. Berikut penjelasan lengkapnya.

Tinggi Badan Anak 5 Tahun yang Ideal

Ibu bisa mengukur tinggi badan anak dengan menggunakan kurva pertumbuhan dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Adapun rerata tinggi dan berat badan anak 5 tahun adalah:

  • anak perempuan: 99,9 - 118,9 centimeter (cm) dengan berat badan berkisar 13,7-24,9 kilogram (kg).

  • anak laki-laki: 100,7 - 119,2 centimeter (cm) dengan kisaran berat badan 14,1-24,2 kilogram (kg).

Berdasarkan rentang di atas, Bunda bisa menggunakan grafik pertumbuhan anak untuk menentukan apakah berat dan tinggi badan anak normal seusianya atau tergolong pendek.

Sebagai contoh, jika si Kecil adalah anak perempuan berusia 5 tahun dengan tinggi badan 97 cm, tinggi badannya termasuk kategori pendek.

Sementara jika berat badan si Kecil di 5 tahun ada di kisaran 12,1-13,7 kg, ini dapat menandakan berat badannya kurang.

Baca Juga: Perkembangan Anak 5 Tahun, Sudah Bisa Apa Saja?

Cara agar Tinggi Badan Anak 5 Tahun Ideal

Tinggi dan berat badan anak 5 tahun anak dipengaruhi sejumlah faktor, termasuk keturunan, stimulasi, dan nutrisi. 

Berikut adalah beberapa cara agar si Kecil tumbuh ideal di usia prasekolah:

1. Minum Susu Pertumbuhan

Agar anak cepat tinggi, ia perlu rajin minum susu, karena susu tinggi kalsium serta nutrisi penting lain seperti protein, zat besi, dan vitamin C yang dukung pertumbuhan tinggi badan.

Jadi, pastikan lengkapi asupan gizi harian anak dengan susu pertumbuhan terfortifikasi seperti SGM 3+.

Susu SGM Eksplor merupakan satu-satunya susu pertumbuhan anak yang mengandung IronC™, kombinasi unik zat besi dan vitamin C untuk mendukung penyerapan nutrisi penting hingga 2x lipat. 

SGM Eksplor juga sudah dilengkapi dengan kalsium, DHA, minyak ikan, omega 3&6, zinc, vitamin D, serta nutrisi penting lainnya untuk bantu si Kecil tumbuh maksimal menjadi Generasi Maju.

Baca Juga: 9 Cara Anak Cepat Tinggi, Bunda Perlu Tahu!

2. Pastikan Anak Tidur Cukup

Selain asupan nutrisi, tidur cukup adalah kunci penting agar anak cepat tumbuh tinggi. Sebab, tubuh melepas hormon pertumbuhan paling banyak dan paling kuat tepat setelah anak tidur.

Dengan kata lain, anak yang tidur lebih awal akan mengalami peningkatan tinggi badan berkat pelepasan hormon pertumbuhan yang lebih cepat dan berlangsung lebih lama.

Selain itu, kebiasaan begadang atau tidur terlalu larut bisa berdampak pada penurunan berat badan anak.

Kebiasaan tidur yang cukup justru membantu pelepasan kadar hormon pengatur nafsu makan dengan lebih baik. 

Sebagai pedoman umum, anak usia 5 tahun membutuhkan tidur 11-12 jam dalam sehari, termasuk tidur siang.

3. Sajikan Makan Secara Teratur

Cara agar BB dan tinggi badan anak 5 tahun ideal selanjutnya adalah menyajikan menu makan dan camilan bergizi lengkap secara terjadwal.

Makan teratur sesuai jadwal dapat membantu memastikan kebutuhan nutrisinya terpenuhi dengan baik. 

Bunda dapat menyediakan makanan bernutrisi seimbang, yang mengandung karbohidrat, protein, kalsium, vitamin D, dan lemak dalam porsi yang mencukupi. 

Selain itu, Bunda bisa menyajikan makanan penambah berat badan anak, seperti daging, salmon, susu, kacang-kacangan, alpukat, keju, telur, dan yogurt.

Pastikan menu makannya bervariasi agar anak tidak mudah bosan dan dapat menikmati waktu makannya dengan baik. 

Penelitian menemukan, anak yang mendapat tambahan zat besi dari makanan dan susu fortifikasi setidaknya seminggu sekali mengalami pertambahan tinggi badan yang lebih pesat.

Baca Juga: Cara Cukupi Menu Gizi Seimbang untuk Anak Prasekolah

4. Ajak Anak Bermain dan Olahraga

Agar berat dan tinggi badan ideal, ia memerlukan setidaknya 3 jam aktivitas fisik setiap hari.

Jenis aktivitas ini bisa beragam, termasuk kegiatan fisik motorik seperti bermain bola, skipping (lompat tali), bergelantungan di monkey bar, kejar-kejaran, petak umpet, bersepeda, dan berenang.

Aktivitas fisik yang rutin dapat mendukung pertumbuhan tinggi badan melalui proses pelepasan hormon pertumbuhan (GH) dan memperkuat tulang dan otot.

Kalau butuh inspirasi kegiatan lain untuk si Kecil, Bunda bisa temukan berbagai stimulasi tepat dan menyenangkan di Sekolah Generasi Maju.

Ada berbagai kegiatan seru dan edukatif yang mudah dilakukan bersama-sama untuk mendukung si Kecil tumbuh optimal, lho!

5. Sering Berjemur

Agar tinggi badan anak 5 tahun ideal, penting juga, lho, membiasakan anak berjemur di bawah sinar matahari. Kenapa?

Sinar matahari perannya sangat penting untuk pembentukan vitamin D, yang akan membantu pembentukan tulang kuat. Di dalam tubuh, vitamin D juga membantu penyerapan kalsium dari makanan yang anak konsumsi.

 Maka, IDAI menyarankan Bunda ajak si Kecil berjemur setiap hari, cukup sekitar 15-20 menit di antara pukul 08.00 - 10.00 pagi.  Jangan lupa lindungi kulitnya dengan sunscreen, ya. 

Baca Juga: Cara Menstimulasi Tumbuh Kembang Anak Usia Prasekolah

Kenapa Penting Memantau Tinggi Badan Anak 5 Tahun?

Pertambahan berat dan tinggi badan anak merupakan indikator yang penting untuk menentukan status gizi anak, apakah bergizi baik, buruk, kurang gizi, atau bahkan obesitas.

Tinggi dan berat badan anak yang ideal di usia 5 tahun dapat menunjukkan kondisi kesehatannya bagus dan asupan gizinya sudah memenuhi kebutuhan harian.

Sebaliknya, anak dengan BB atau TB-nya sulit naik mungkin menandakan ia tidak mendapatkan cukup gizi yang diperlukan untuk bertumbuh maksimal sesuai usianya.

Sebagai contoh, berat badan anak stagnan bisa disebabkan riwayat kesehatan atau kondisi medis tertentu yang dialami oleh anak.

Sedangkan perawakan anak yang pendek bisa disebabkan stunting, keterlambatan pertumbuhan di usia yang lebih muda, atau penyakit yang mempengaruhi produksi hormon.

Jadi, jangan sampai luput mengukur pertambahan berat dan tinggi anak 5 tahun setiap 6 bulan atau 1 tahun sekali di posyandu, dokter anak, atau fasilitas kesehatan lainnya. 

Semoga artikel ini bermanfaat, ya, Bun!

Referensi:

  1. Predicting a Child’s Adult Height. (2024). HealthyChildren.org. https://www.healthychildren.org/English/health-issues/conditions/Glands-Growth-Disorders/Pages/Predicting-a-Childs-Adult-Height.aspx
  2. ‌IDAI | Kurva Pertumbuhan WHO. (2019). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/professional-resources/kurva-pertumbuhan/kurva-pertumbuhan-who
  3. ‌Mawer, R. (2020, November 5). The 18 Best Healthful Foods to Gain Weight Fast. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/18-foods-to-gain-weight#TOC_TITLE_HDR_3
  4. ‌IDAI | Pola Tidur Pada Anak. (2015). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/pola-tidur-pada-anak
  5. ‌IDAI | Keamanan Menggunakan Internet bagi Anak. (2014). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/keamanan-menggunakan-internet-bagi-anak
  6. ‌CDC. (2023, August 21). Tips to Help Children Maintain a Healthy Weight. Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/healthyweight/children/index.html
  7. ‌NHS Choices. (2024). Advice for parents of healthy-weight children. https://www.nhs.uk/live-well/healthy-weight/childrens-weight/healthy-weight-children-advice-for-parents/
  8. ‌Health, U. (2020, August 4). Helping Your Child Be a Healthy Weight. Ucsfbenioffchildrens.org; UCSF Health. https://www.ucsfbenioffchildrens.org/education/helping-your-child-be-a-healthy-weight
  9. ‌IDAI | Tips Memilih Snack Sehat Untuk Anak. (2015). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/tips-memilih-snack-sehat-untuk-anak
  10. ‌Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2023). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2034/bagaimana-mengatasi-berat-badan-kurang-pada-anak
  11. ‌IDAI | Pentingnya Memantau Pertumbuhan dan Perkembangan Anak (Bagian 1). (2016). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/pentingnya-memantau-pertumbuhan-dan-perkembangan-anak-bagian-1
  12. ‌Anak-anak. (2024). Kemkes.go.id. https://ayosehat.kemkes.go.id/kategori-usia/anak-anak

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline